Yamaha Lexi

5 Manfaat Susu Kayu Manis, Salah Satunya Usir Bau Mulut

  Rabu, 06 Maret 2019   Fathia Uqimul Haq
(Pixabay.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Kayu manis memiliki banyak khasiat. Selain mengobati penyakit, rempah-rempah ini juga bisa sebagai penambah rasa dalam minuman khususnya susu.

Di dalam kayu manis terdapat kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat dan vitamin C. Jika ditambah ke dalam susu, maka akan bertambah gizinya. Mulai dari kalsium, magnesium, kobalamin, kalium, natrium, dan karbohidrat. 

Di samping kaya akan kandungan di atas, ternyata susu kayu manis juga bisa memiliki khasiat yang menakjubkan. Berikut lima manfaat meminum susu kayu manis yang dilansir dari Boldsky, Rabu (6/3/2019) :

1. Meningkatkan Kesehatan Mulut

AYO BACA : Ramuan Kayu Manis Anti Diabetes

 Kayu manis mengandung minyak esensial yang melindungi mulut dari bakteri tertentu yang menyebabkan bau mulut, gigi berlubang, kerusakan gigi, dan infeksi mulut. Minyak esensial ini memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu memerangi bakteri mulut. Minyak kayu manis menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans, bakteri yang menyebabkan plak gigi.

2. Mengontrol Diabetes

Kayu manis memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Minum susu kayu manis setelah makan mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah. Kayu manis bekerja dengan memecah karbohidrat dalam saluran pencernaan secara perlahan.

3. Melindungi Jantung

AYO BACA : 5 Hal yang Menyehatkan Jika Dicampur dengan Teh

Manfaat besar lain dari kayu manis adalah mengurangi faktor risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Orang dengan diabetes tipe 2 memiliki risiko tinggi untuk penyakit jantung. Jika penderita meminum satu sendok teh bubuk kayu manis per hari, maka kayu manis akan memberikan kesehatan pada jantung.

4. Membasmi Infeksi

Susu kayu manis memiliki kemampuan ampuh untuk melawan berbagai bakteri, virus, dan infeksi jamur. Pasalnya kayu manis mengandung senyawa yang disebut cinnamaldehyde yang membantu dalam memerangi berbagai infeksi. Minyak esensial dan sifat antimikroba, antivirus, antijamur dan antibiotik kayu manis tentu membuatnya menjadi bumbu yang luar biasa.

5. Menguatkan Tulang

Minum susu kayu manis setiap hari bisa membuat tulang yang lebih kuat dan lebih sehat. Karena susu dan kayu manis mengandung kalsium dengan jumlah yang baik. 100 gram kayu manis mengandung 1.002 mg kalsium dan 100 gram susu mengandung 125 mg kalsium. Kalsium akan membantu membangun dan memelihara tulang yang kuat, melindungi jantung, otot, dan saraf Anda dan bahkan membantu penyerapan mineral lain dengan lebih baik.

AYO BACA : Selulit Bikin Jengkel, Coba Gunakan Ramuan Herbal Orang Tua Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar