Yamaha Aerox

Kekurangan Personel, Proses Sortir dan Lipat Surat Suara Akan Molor

  Senin, 04 Maret 2019   Mildan Abdalloh
(Attia/Ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Ratusan masyrakat yang direkrut dalam proses sortir-lipat surat suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung tidak hadir. Proses penyortiran dan pelipatan surat suara diperkirakan akan molor.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan berdasarkan estimasi awal, proses penyortitan dan pelipatan surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten ditargetkan akan rampung dalam 10 hari.

Estimasi tersebut berdasarkan jumlah pekerja yang direkrut sebanyak 1.600 orang. Namun, saat hari pertama penyortiran dan pelipatan surat suara pada Sabtu (2/3/2019) sebagian orang tidak hadir di tiga gudang milik KPU.

AYO BACA : KPU Kabupaten Bandung Jamin Logistik Pileg dan Pilpes Aman

Ada 20%-30% petugas penyortir dan pelipat surat suara tidak hadir. Jadi di tiga gudang hanya ada sekitar 1.200 orang saja yang melakukan proses sortir lipat surat suara, tutur Agus, Senin (4/3/2019).

Dengan kekurangan personel tersebut, diperkirakan proses sortir lipat surat suara akan terlambat beberapa hari.

Mungkin proses sortir lipat ini baru akan selesai 12-14 hari, awalnya kan ditargetkan 10 hari, ujarnya.

AYO BACA : KPU Kabupaten Bandung Libatkan 1.600 Orang untuk Lipat Surat Suara

KPU Kabupaten Bandung berupaya untuk menambah petugas sortir lipat untuk menutupi kekurangan. Namun, kata Agus proses perekrutan tetap akan menggunakan petugas PPK.

Agus melanjutkan, selain kekurangan petugas, masalah yang dihadapi dalam dua hari pertama sortir lipat surat suara adalah keterampilan.

Mungkin karena baru, jadi dalam dua hari kemarin petugas pelipat belum terlalu lancar, karena butuh adaptasi.

Pihaknya tidak bisa meminta para petugas sortir lipat untuk mempercepat pekerjaannya, mengingat surat-suara merupakan logistik penting yang tidak boleh rusak.

Harus disadari ini pekerjaan membutuhkan kualitas, surat suara ini sangat penting, tidak bisa mempercepat pekerjaan tanpa dengan kualitas, harus telaten, jadi butuh proses, tutupnya.

AYO BACA : KPU Kabupaten Bandung Belum Terima Surat Suara Pilpres 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar