Yamaha Mio S

Optimalisasi Kertajati, DPRD Minta Cisumdawu Segera Dirampungkan

  Senin, 04 Maret 2019   Fira Nursyabani
Historical landing Presiden Joko Widodo di Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Kabupaten Majalengka sekitar pukul 09.36 WIB, Kamis (24/5/2018). (Faqih Rohman/ayobandung.com)

MAJALENGKA, AYOBANDUNG.COM -- Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Pepep Saeful Hidayat minta agar sarana penunjang menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, seperti Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), segera diselesaikan. Akses jalan tol tersebut dinilai perlu untuk optimalisasi keberadaan bandara tersebut.

"Tentunya sarana dari dan menuju ke Bandara Kertajati harus diperhatikan, salah satunya dorongan agar Tol Cisumdawu segera diselesaikan. Ini agar memudahkan orang yang hendak ke Bandara Kertajati," kata dia ketika dihubungi melalui telepon, Senin (4/3/2019).

AYO BACA : Pemprov Jabar Targetkan Tol Cisumdawu Beroperasi pada 2020

Terkait rencana pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, ke BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka, Pepep mengatakan secara pribadi dia sangat mendukung rencana tersebut. "Sebagai warga Majalengka, sangat setuju apabila rencana itu betul-betul terjadi," kata dia.

Menurut Pepep, pemindahan sebagian penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati diprediksi akan memberikan dampak positif bagi wilayah Sumedang, Majalengka, dan Subang.

AYO BACA : Pemprov Jabar Segera Rilis Kawasan Futuristik Segitiga Rebana

"Karena kalau penerbangan dari Jabar yang terpusat di Bandara Kertajati, maka ini akan memiliki dampak luar biasa di Majalengka, SMS (Sumedang, Majalengka, Subang) pada umumnya. Dan ini semua harus didukung oleh berbagai sarana salah satunya jalan tol," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah membahas rencana pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, ke BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka.

"Itu kan opsi, opsi yang sedang dibahas, full 100 persen atau sebagian," kata dia ketika dimintai tanggapan soal pembahasan pemindahan penerbangan dari Kota Bandung ke Bandara Kertajati, di Gedung Sate Bandung, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan terdapat dua opsi untuk mengoptimalkan fungsi BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka sebagai gerbang udara utama di Jawa Barat. Dia mengatakan opsi pertama ialah pemindahan 100 persen penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Bandara Kertajati. Sedangkan opsi kedua adalah hanya sebagian penerbangan yang dipindahkan tetapi kedua bandaranya tetap berfungsi sebagai bandara komersial.

AYO BACA : Ridwan Kamil Tanggapi Bandara Kertajati Disebut Sepi di Debat Capres

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar