Yamaha

Anjing Bisa Cemburu?

  Senin, 04 Maret 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi. (Pixabay)

CALIFORNIA, AYOBANDUNG.COM—Anjing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara selain kucing. Anjing dianggap oleh sebagian orang sebagai sahabat terbaik manusia. Ternyata, hasil riset memperlihatkan bahwa anjing memang ingin tetap menjadi sahabat terbaik--tidak ingin digantikan oleh benda lain--alias cemburuan.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah PLOS ONE menunjukkan bahwa anjing juga bisa merasakan bentuk dasar dari cemburu.

Riset yang merupakan eksperimen pertama tentang kecemburuan pada anjing itu bisa mendefinisikan kembali pandangan bahwa emosi kompleks dalam bentuk rasa iri merupakan sifat manusia, kata Christine Harris, psikolog dari Universitas California, San Diego, dan penulis hasil penelitian tersebut.

AYO BACA : Lebih Pintar Mana, Kucing atau Anjing?

Penelitian itu meminta pemilik 36 anjing kecil melakukan tiga hal dalam pengujian yakni mencurahkan perhatian pada anjing animasi mewah, pada ember plastik wadah permen berbentuk labu dengan simbol Halloween, dan membaca buku anak-anak keras-keras. Di waktu bersamaa, mereka harus mengabaikan anjingnya.

Para peneliti kemudian mengamati reaksi anjing-anjing tersebut.

Hampir 80 persen anjing mendorong atau menyentuh majikannya saat mereka memanjakan anjing mainan, dua kali lebih sering saat majikannya bermain-main dengan ember plastik, dan sekitar empat kali lebih sering saat si pemilik membaca.

AYO BACA : KTP untuk Anjing

Seperempat dari anjing-anjing itu bahkan mencoba menggertak anjing mainan yang juga bisa menggonggong, melolong, dan mengibaskan ekor, ketika majikan mereka bermain dengannya. Hanya seekor anjing yang menggertak pada ember dan buku.

"Tentu saja kami tidak bisa benar-benar berbicara tentang pengalaman subjektif anjing, tapi tampaknya mereka seperti termotivasi untuk menjaga hubungan sosial yang penting," kata Harris, dikutip dari PLOS ONE, Senin (4/3/2019).

Para peneliti mengatakan, kecemburuan mungkin telah berkembang menjadi cara bagi binatang yang berpasangan untuk menjaga hubungan seksual mereka atau bagi anak-anak binatang untuk bersaing mendapatkan makanan serta perhatian dari induknya.

Mereka mengatakan, rasa cemburu mungkin juga telah berkembang pada anjing setelah mereka sekian lama menjadi binatang peliharaan manusia.

"Manusia, bagaimanapun, telah menjadi penyedia sumber yang kaya dalam koevolusi kita," tulis para peneliti.

Para peneliti mengatakan, memahami kecemburuan merupakan tugas ilmiah yang penting dan menekankan bahwa kecemburuan sering dianggap sebagai penyebab bunuh diri dalam berbagai macam budaya.

AYO BACA : Akibat Gigitan Anjing, Wanita Ini Mati Terkena Rabies

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar