Yamaha Mio S

Bekerja Berlebihan Berdampak Buruk untuk Karier, Bukan Sebaliknya

  Jumat, 01 Maret 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Mungkin di antara kita ada yang bangga dengan pekerjaan yang membuat mereka stres. Ada yang cenderung bekerja berlebihan, mengambil liburan lebih sedikit, dan jarang bersosialisasi di tempat kerja.

Namun, menurut sebuah studi dari para peneliti di City University of London, bekerja berlebihan ternyata berdampak negatif pada karier Anda dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan, seperti yang dilansir dari Insider, Jumat (1/3/2019).

AYO BACA : Waspada Tanda Kelelahan Akibat Stres!

Bekerja Berlebihan Berbahaya bagi Prospek Karier dan Kesejahteraan Anda

Para peneliti melihat efek dari kerja lembur pada kesejahteraan keseluruhan (stres, kelelahan, dan kepuasan kerja) dan hasil karier (prospek karier, keamanan pekerjaan , dan pengakuan). Data mereka berasal dari 51.895 karyawan dari 36 negara Eropa di berbagai industri.

AYO BACA : Ini Pekerjaan yang Memiliki Tingkat Stres Paling Tinggi

"Kami agak terkejut menemukan bahwa upaya kerja, baik lembur atau intensitas kerja, tidak memprediksi hasil positif bagi karyawan," kata Argyro Avgoustaki, asisten profesor manajemen di ESCP Europe Business School dan Hans Frankort, dosen senior di strategi di Cass Business School.

Bekerja Berlebihan Lebih Berbahaya daripada Bekerja Berjam-jam

Anda jangan memaksakan diri untuk melampaui batas kerja setiap hari. Anda bisa bekerja dengan cara tersebut sesekali, tapi tidak untuk tiap hari, jika Anda masih menyayangi tubuh dan mental demi masa depan.

Untuk menghindari kejenuhan, manfaatkan waktu istirahat dan cuti, dan cobalah bekerja ketika Anda merasa paling produktif.

"Salah satu cara bagi karyawan (untuk menangkal dampak negatif dari bekerja terlalu keras) adalah dengan menggunakan kebijaksanaan dan peluang mereka untuk pemulihan mental dan fisik, melalui istirahat dan jam kerja," kata Avgoustaki dan Frankort.

AYO BACA : Melepas Stres ala Komunitas Merajut Bandung

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar