Yamaha Lexi

2 Lantai Hotel De Java Bandung Disegel, Ini Penyebabnya

  Kamis, 28 Februari 2019   Nur Khansa Ranawati
Tanda penyegelan di Hotel De Java Bandung Disegel. (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)

SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM—Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana dan Kepala Dinas Pariwisata Bandung Kenny Dewi Kaniasari beserta jajarannya melalukan penyegelan dua lantai fasilitas Hotel De Java Bandung, di Jalan Sukajadi, Kamis (28/9/2019). Hotel yang terletak persis di seberang mal Paris Van Java tersebut dianggap telah menyalahgunakan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dimiliki.

Berdasarkan pantauan, hotel De Java saat ini tengah menjalani proses renovasi yang terlihat dikerjakan dari lantai basemen hingga beberapa lantai di atasnya. Sejumlah pegawai hotel tampak membenahi area restoran yang sepi.

Sekira pukul 11.00 WIB, Yana dan Kenny sampai di area lobi hotel. Mengenakan seragam hijau Satpol PP, Yana beserta jajaran Pemkot Bandung didampingi pihak hotel naik ke lantai 6 gedung.

AYO BACA : Ini Alasan Penghentian Sementara Pembangunan Hotel di Kota Bogor

Lantai inilah yang kemudian mendapat penyegelan dari Pemkot Bandung. Pasalnya, berdasarkan IMB yang dimiliki De Java Hotel, hotel bintang empat tersebut hanya memiliki izin mendirikan bangunan empat lantai.

"Hari ini Kota Bandung menyegel satu bangunan yang memilki izin, tapi menyalahgunakan izin tersebut. Izinnya empat lantai, tapi membangun lebih dari empat. Kita segel yang lebihnya, yaitu dua lantai. Jadi, ini lebih ke penyalahgunaan IMB," jelas Yana ketika ditemui selepas penyegelan, Kamis (27/2/2019). 

Selain itu, hotel bergaya etnik modern ini juga belum memperpanjang Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) sejak pertengahan 2017.

AYO BACA : Pemkot Bandung Segel Hotel Sheo Ciumbuleuit

"TDUP ini habisnya pertengahan 2016, April, berlakunya sampai April 2017. Nah, dari pertengahan 2017 ini belum diperpanjang, seharusnya diperpanjang dulu. Kalau tidak, nanti ada aturannya," jelas Kenny.

Adapun lantai yang tak berizin, yakni lantai lima dan enam difungsikan sebagai rumah instalasi listrik dan area kolam renang rooftop serta ballroom.

Yana mengatakan, dua lantai tersebut tidak bisa digunakan hingga pemilik mengurus izin. Meski demikian, belum jelas apakah izin penambahan dua lantai bisa dikabulkan atau tidak mengingat hotel tersebut masih tercatat berada di area Kawasan Bandung Utara yang memerlukan izin khusus.

"Sementara ini, kita segel dulu sampai yang bersangkutan mengurus izin yang lantai tambahan," jelas Yana.

AYO BACA : Menikah Romantis dan Hemat di Metro Indah Bandung Hotel

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar