Yamaha Lexi

Akibat Gigitan Anjing, Wanita Ini Mati Terkena Rabies

  Senin, 25 Februari 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi. (Pixabay)

INDIA, AYOBANDUNG.COM—Seorang wanita asal Virginia mati karena rabies setelah digigit anjing saat perjalanan untuk retret ke India. Wanita itu tidak divaksinasi rabies dan tidak mencari perawatan medis setelah digigit.

Sekarang, kasusnya telah dirinci dalam laporan baru yang diterbitkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, seperti dikutip dari Insider, Senin (25/2/2019).

Menurut CDC, wanita berusia 65 tahun itu melakukan perjalanan ke India untuk retret yoga pada akhir Januari hingga Mei 2017. Lantas, dia digigit anak anjing di luar hotel dan mencuci lukanya dengan air tanpa pengobatan lebih lanjut.

AYO BACA : Anjing Ini Punya Wajah Mirip Manusia

Pada awal Mei, wanita itu mencari pengobatan untuk nyeri lengan dan didiagnosis dengan sindrom carpal tunnel. Keesokan harinya, dia dirawat di rumah sakit karena sesak napas, cemas, susah tidur, dan kesulitan menelan. Kemudian dia diberi obat penenang.

Namun, pada 8 Mei 2017, wanita itu menjadi "semakin gelisah dan agresif," kata laporan CBC tersebut. Saat itulah pekerja rumah sakit bertanya tentang kemungkinan wanita itu terkena gigitan hewan. Suami wanita itu memberi tahu dokter tentang gigitan anak anjing yang pernah diterima istrinya.

Kondisi wanita itu terus memburuk dan hasil tes memastikan dia terinfeksi rabies.

AYO BACA : Lebih Pintar Mana, Kucing atau Anjing?

Pada 21 Mei 2017, keluarganya memilih memulangkannya dari rumah sakit, kemudian wanita itu meninggal.

Imbauan untuk Pelancong

Terkait hal ini, CDC merekomendasikan untuk menghindari binatang, dan tidak pernah mencoba untuk memelihara, memberi makan, atau menangani hal yang tidak dikenal para pelancong. Hal itu karena satu-satunya cara untuk mencegah rabies—selain mendapatkan vaksin—adalah dengan menghindari gigitan hewan, goresan, dan jilatan dari hewan tersebut.

Jika Anda digigit atau digaruk oleh seekor binatang, Anda harus segera mencuci luka dengan sabun dan air. Setelah itu kunjungi dokter untuk menerima perawatan, termasuk vaksin rabies untuk manusia. Perawatan tersebut dapat mencegah perkembangan gejala dan kematian rabies.

AYO BACA : Anjing di Israel Bisa Mengetahui Kanker dari Alir Liur yang Diendus

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar