Yamaha Lexi

Inovasi Riska Ubah Jengkol Jadi Camilan Krispi

  Minggu, 24 Februari 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Jengkol Krispi. (Ananda M Firdaus/Ayobekasi.net)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM--Tentu sudah umum, orang-orang mencicipi makanan yang gurih, asin, semacam kripik. Kebanyakan kripik dibuat dari singkong atau pisang. Beda hal dengan varian kripik baru ini, berbahan dasar jengkol dan dinamai Jengkol Krispi.

Jengkol bisa disebut makanan yang kebanyakan tidak disukai. Pasalnya jengkol menghasilkan bau yang tidak sedap. Namun, di tangan Riska Purwanti (30), jengkol yang biasa dipasak menjadi semur ini menjadi camilan yang bisa disantap sehari-hari.

AYO BACA : Emplod Ngeunah, Camilan Renyah Khas Garut

"Diolah dengan baik dan benar pasti banyak orang yang jatuh cinta dengan cita rasa masakan jengkol tersebut, apalagi kalo dijadiin cemilan sehari hari," ujar Riska ditemui di rumahnya, Jalan Margahayu Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Minggu (24/2/2019).

Ia pun bercerita tentang awal mula inovasinya hanya sekedar iseng. Bagi seorang ibu rumah tangga, Riska melihat bahwa jengkol bisa diolah menjadi sesuatu yang lebih menarik ketimbang hanya sekedar menjadi lauk nasi. 

AYO BACA : 5 Kuliner Hits di Bandung Sepanjang 2018

Di dapurnya, Riska mulai mengujicoba jengkol-jengkol tersebut dengan dipotongnya menjadi beberapa bagian kecil, lalu diberi bumbu pedas. Hingga kemudian Jengkol Krispinya ini bisa dijadikan ladang mencari uang.

"Awalnya sih iseng-iseng, pas ditawarin ke temen, tetangga, eh banyak yang suka. Akhirnya berlanjut sampai sekarang," katanya.

Ia pun mengungkapkan, dalam seminggu jengkol yang ia habiskan bisa mencapai 10 kilogram. Meski terhitung sedikit, dia mengaku belum mau menambah jumlah produksi jengkolnya.

"Saya masih keteteran mas, masih mau evaluasi hasil usaha saya karena dibuat di industri rumahan, semoga kedepannya saya bisa menambah produksi jengkol krispi ini," ungkapnya.

Harga sebungkus Jengkol Krispi buatan Riska sendiri terhitung masih murah, yakni Rp25.000. Adapun rasa, Jengkol Krispinya baru sebatas memiliki rasa balado.

AYO BACA : Lima Makanan Jadul yang Mengingatkan Masa Kecil

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar