Yamaha Lexi

Berkelana dalam Semesta Fiksi Nibiru

  Sabtu, 23 Februari 2019   Nur Khansa Ranawati
Penerbit Bhuana Sastra meluncurkan sebuah buku seri perdana novel berjudul Nibiru: Masa Kehancuran di Toko Buku Gramedia, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Sabtu (23/2/2019). (Khansa/ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Penerbit Bhuana Sastra meluncurkan sebuah buku seri perdana novel berjudul Nibiru: Masa Kehancuran di Toko Buku Gramedia, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Sabtu (23/2/2019). Novel Nibiru tersebut merupakan novel perdana dari keseluruhan seri novel berjumalah lima buku yang direncanakan akan dikeluarkan.

Nibiru merupakan novel bergenre fantasi karangan Tasaro GK. Mengambil latar cerita di sebuah negeri bernama Kedhalu, novel ini menceritakan upaya sekelompok pemuda dalam mematahkan ramalan kehancuran Kedhalu yang dibawa Nibiru.

Sekelompok pemuda yang dijuluki “Empat Pengacau Kecil” ini berusaha dengan berbagai cara untuk mengagalkan aksi Nibiru sang pembawa kiamat dan kekacauan menghancurkan Kedhalu.

Kendati bergenre fantasi, Tasaro GK mengatakan tak semua unsur dalam novel Nibiru ini bersifat khayalan semata. Beberapa elemen instrinsik seperti latar belakang ruang dan waktu penceritaan merupakan gambaran yang dibangun berdasarkan hasil sejumlah riset.

"Nibiru ini buku tentang Indonesia purba. Tokohnya itu Indonesia sekali dan dia akan berkelana di berbagai negeri kuno," katanya.

Proses pembuatan novel Nibiru ini menurut Tasaro tak memakan waktu yang lama. Proses penggarapan novel yang membutuhkan waktu lebih lama ialah saat Tasaro melakukan riset.

"Nulis paling lama dua bulan, tapi risetnya bertahun-tahun. Karena meskipun ngarang fantasi saya enggak mau nanti pembacanya nemu sebuah fakta ini jauh banget dari realita. Jadi saya harus menjaga fakta-fakta itu," sebutnya.

Tasaro yang pernah berkarier sebagai wartawan ini menyebutkan, novel perdana dan kedua Nibiru dari total lima novel direncanakan terbit tahun ini. Tiga novel sisanya masih dalam tahap penggarapan.

Buku Nibiru 1 pernah terbit tahun 2010 dan sekarang diterbitkan ulang oleh Bhuana Sastra dengan cover yang lebih segar dan kekinian, berserta penggambaran/ilustrasi karakter-karakter utama dalam buku ini. Nibiru: Masa Kehancuran memiliki ketebalan 584 halaman.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar