Yamaha Aerox

Ini Kata Pidi Baiq Soal Rencana Pembuatan Taman Dilan

  Jumat, 22 Februari 2019   Nur Khansa Ranawati
Penulis novel Dilan 1990 dan Dilan 1991, Pidi Baiq, saat ditemui di markas The Panasdalam di Jalan Ambon, Kamis (21/2/2019). (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Pidi Baiq memberikan pandangannya mengenai rencana pemerintah untuk membuat Taman Dilan. Taman tersebut akan didirikan sebagai bentuk apresiasi terhadap Dilan sebagai sebuah karya yang luar biasa.

Pidi mempersilakan siapa saja untuk memberikan respons atas karya yang ia keluarkan. Sambil menghaturkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan, ia mengaku tak memiliki kewenangan untuk melarang pemerintah mendirikan taman.

AYO BACA : Ridwan Kamil Akan Bangun Taman Dilan

"Aneh juga kalau saya bilang enggak boleh. Kenapa memang? Karena karya saya kan sudah jadi milik masyarakat. Artinya masyarakat mau menerjemahkan ke dalam berbagai bentuk, ya, silakan saja," ujarnya di markas The Panasdalam di Jalan Ambon, Kamis (21/2/2019) sore.

Pidi juga mengaku tak memiliki keinginan spesifik terkait konsep pembuatan Taman Dilan yang sedang dirancang. Sambil berkelakar, dia membandingkan Taman Dilan dengan taman kanak-kanak, yang menurutnya taman kanak-kanak terlihat lebih indah.

AYO BACA : Trailer Film Dilan 1991, Isinya Bikin Baper

"Tapi taman yang paling indah tetap taman kanak kanak atau TK, yah. Mau ada Taman Dilan mau ada taman apa," ujar Pidi.

Kendati demikian, Pidi menyebut ia siap memberikan sumbangsih jika seandainya diminta untuk berkontribusi terhadap taman dalam bentuk apa pun. 

"Enggak tau (mau nyumbang apa). Belum tau. Kalau diminta aja. Kalau bilang 'saya nyumbang dong', kok kesannya seperti apa. Ya, saya mah diminta aja nanti saya nyumbang," katanya.

Lebih lanjut, menurut dia ada atau tidaknya Taman Dilan, tidak akan berdampak terhadap dirinya. "Ketika mereka bilang mau bikin taman, saya bilang ya terserah. Saya mah enggak ada taman ada taman bahagia aja dengan keluarga saya. Bahwa kemudian tetap ada taman, saya tetap berterima kasih," ujarnya sambil tertawa.   

AYO BACA : Menengok Coffeelensebrew, Tempat Jadiannya Dilan dan Milea

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar