Yamaha NMax

Bobotoh Unyu-unyu, Wujud Kesetiaan Maung Geulis untuk Persib

  Jumat, 22 Februari 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bobotoh Unyu-unyu.
COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Para wanita cantik yang loyal mendukung Persib Bandung memang selalu memiliki cara tersendiri untuk tetap kompak. Salah satunya adalah Bobotoh Unyu-unyu.
 
Perwakilan Bobotoh Unyu-unyu, Trisnawati, menyampaikan komunitasnya didirikan pada 7 Desember 2010 oleh tiga penggagasnya yakni Poppy, Karlina, dan Putri. Kala itu, ketiga penggagas ini terkenal sebagai maung geulis --sapaan untuk bobotoh cantik-- di stadion Siliwangi, Bandung.
 
"Pertamanya itu, dibikin 7 Desember 2010. Yang bikin ada Teh Poppy, Teh Karlina, sama Teh Putri. Awalnya mereka itu iseng doang sih bikinnya. Soalnya dulu lagi beken zaman rambut berponi kan? Terus suka dikecengin sama temen-temen bobotoh lain "Ih unyu-unyu". Nah dari situ mereka bikin komunitas Bobotoh Unyu-Unyu," ungkap Trisna saat berbincang dengan ayobandung.com, Jumat (22/2/2019).
 
Bukan hanya itu, sejak eksis di Stadion Siliwangi, Komunitas ini kian aktif. Bahkan mereka memiliki tribun khusus untuk menunjukkan loyalitasnya untuk Pangeran Biru.
 
"Selain bikin organisasi, kita itu ada yang support-nya, dulu tempat kita itu di tribun utara Siliwangi. Bahkan kita dulu pas lagi aktif-aktifnya sering pasang banner bobotoh unyu-unyu. Pas masa promosiin komunitas pernah di Siliwangi muterin banner satu stadion bobotoh Unyu-Unyu," paparnya.
 
Meski sudah berjalan delapan tahun, loyalitas dan dukungan untuk Maung Bandung tak pernah surut. Komunitas yang beranggotakan sekitar 40 kaum hawa ini kerap janjian bareng untuk nyetadion dan memberikan dukungan langsung bagi skuat kebanggaan warga Jawa Barat tersebut.
 
"Kita suka janjian. Jadi awalnya dari tiga orang, sekarang udah 30-40an anggota. Ciri khas kita itu dari distrik atau daerah manapun yang mau gabung silakan tapi jangan melupakan jati dirinya dulu dia di distrik mana. Kita welcome ke siapapun," lanjutnya.
 
Selain sama-sama berada di tribun untuk menyaksikan laga Persib Bandung, Bobotoh Unyu-unyu juga memiliki kegiatan lain. Kegiatan tersebut berupa nongkrong bareng dengan sesama anggota. Bahkan perempuan yang karib disapa Tewe ini juga menuturkan, komunitas ini juga memiliki cara untuk menjaga kekompakannya.
 
"Dulu kita sering kopdar di Lembang. Tapi karena kesibukan, paling kita ketemunya di stadion. Kecuali kalau setiap ada acara tahunan rutin, anniversary, kita suka nongkrong, foto bareng, atau sekadar makan-makan. Intinya misi berkomunikasi dimana dan kapapun dengan bersilaturahmi merangkul satu sama lain agar tetep kompak," ujar Tewe.

AYO BACA : Di Antara Ikon Bobotoh Ini Siapa yang Paling Terkenal?

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar