Yamaha Lexi

Emil Andalkan Kerja Sama Pentahelix dalam Tangani Citarum

  Jumat, 22 Februari 2019   Nur Khansa Ranawati
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat ditemui di Hotel Grand Asrilia, Jumat (22/2/2019). (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengandalkan konsep kerja sama pentahelix untuk melangsungkan program bebersih Sungai Citarum, yakni Citarum Harum. Sistem tersebut diterapkan guna menghindari tumpang tindih tanggung jawab antar-elemen yang tergabung dalam satuan tugas (satgas) Citarum dalam menjalani tugas masing.

Di samping itu, konsep pentahelix juga dinilai dapat mengurangi kecenderungan masyarakat untuk terlalu bergantung pada pemerintah dalam menghadapi persoalan di sekitar mereka. Dalam hal ini, persoalan yang dihadapi adalah kebersihan Citarum.

"Hari ini kami selenggarakan gagasan besar, yaitu bahwa kebencanan bisa dikurangi resikonya melalui kolaborasi pentahelix. Selama ini jangan sangka bahwa urusan kehidupan (hanya) tanggung jawab pemerintah," ungkap Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di Hotel Grand Asrilia, Jumat (22/2/2019).

Dia menerangkan, kerja sama pentahelix melibatkan kerja sama dari lima elemen masyarakat, yakni pemerintah, pebisnis, komunitas, media, dan akademisi. Masing-masing elemen memberikan sumbangsihnya dalam pemecahan masalah secara kolaboratif, dengan mengesampingkan ego sektoral alias tidak merasa paling benar. 

"Tanpa salah satu dari lima itu kita sudah tunjukan kemajuan yang lambat, sekarang Citarum Harum sedang praktekan teori ini, kita tunjukkan dalam 5-7 tahun berhasil kalau semua dirangkul," jelasnya.

Rencana pembagian tugas kolaboratif tersebut termaktub ke dalam modul Rencana Aksi Citarum, yang di dalamnya memuat pemetaan tugas dan target kerja masing-masing elemen. Rencana aksi ini akan terus dievaluasi tiap tahunnya.

"Jadi setiap tahun kita lakukan evaluasi, kekurangan masa lalu adalah karena pentahelix tidak dimaksimalkan. Tiap tahun harus ada progres 15-20 persen, jadi di akhir proses kita bisa kembalikan lagi Citarum (yang bersih)," ungkap Emil.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar