Yamaha

Seorang Wanita Meninggal Setelah Makan Jamur Beracun di Restoran Ternama

  Kamis, 21 Februari 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi. (Pixabay)

VALENCIA, AYOBANDUNG.COM—Seorang wanita, María Jesus Fernandez Calvo (46), meninggal dunia setelah makan jamur beracun di restoran ternama berbintang AMichelin, RiFF, di Valencia, Spanyol, Sabtu (16/2/2019).

Saat ini RiFF ditutup sementara oleh pihak berwenang untuk menyelidiki kematian Maria. Diketahui, sepiring jamur yang dipesan Maria, yakni jamur morchella, bisa beracun jika tidak dimasak dengan hati-hati.

Maria saat itu merayakan ulang tahun suaminya di restoran tersebut dengan masakan 'inovatif' bersama putra mereka yang berusia 10 tahun.

AYO BACA : Ttongsul, Arak Khas Korea Terbuat dari Kotoran Manusia

Dia meninggal esok paginya setelah muntah dan diare.

Otoritas Medis Valencia mengatakan, lebih dari 11 pelanggan yang makan di RiFF pada Sabtu itu, termasuk suami dan putra Fernandez Calvo, datang dengan gejala yang sama, dikutip dari The Telegraph, Kamis (21/2/2019).

Namun, kepala kesehatan regional Valencia Ana Barcelo tidak mengonfirmasi penyebab Maria meninggal sebelum adanya autopsi.

AYO BACA : Khasiat Rambutan, dari Sumber Energi Hingga Antiseptik

"Kita harus menunggu ... sebelum kita dapat menentukan apakah itu konsumsi makanan yang secara langsung menyebabkan kematiannya," kata Barcelo, Rabu (20/2/2019).

Barcelo menambahkan, sampel bahan makanan telah dikirim ke National Toxicology Institute.

Fernandez Calvo dan keluarganya telah memilih menu pencicipan RiFF khusus dari berbagai hidangan Mediterania, termasuk yang memiliki jamur morchella yang berbahaya.

Jamur ini juga dikenal sebagai morels sejati, yang banyak dinikmati di Perancis. Namun, jamur ini tidak dapat dimakan mentah karena mengandung racun hidrazin yang kuat.

Koki biasanya mengeringkan jamur kemudian mengeringkannya kembali dengan air atau susu sebelum dimasak dengan matang.

AYO BACA : Ini Khasiat Jamur Ajaib untuk Penderita Depresi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar