Yamaha Lexi

Asep Berlian, dari Anak Nakal jadi Seniman Dermawan

  Rabu, 20 Februari 2019   Anya Dellanita
Pelukis asal Bandung, Asep Hermawan Berlian. (Anya Dellanita/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Tidak ada kata terlambat untuk bertobat. Jika seseorang menyadari kesalahannya, hendaklah segera memohon ampunan pada Yang Maha Kuasa. Akan lebih baik lagi, jika proses memperbaiki diri itu dibarengi dengan melakukan perbuatan yang dapat membuat orang lain bahagia.

Seperti yang dilakukan seorang pelukis asal Bandung, Asep Hermawan Berlian. Setelah bertobat usai lulus SMA, dia menjadi seorang yang taat agama dan dermawan. 

AYO BACA : Bandung Pisan: Silsilah dan Sejarah Asep Berlian

“Saya tuh dulu nakal waktu SMA. Berantem melulu. Sama siapapun gak takut, semua dilawan,” ujar pelukis yang lebih dikenal dengan nama Asep Berlian kepada Ayobandung.com, Rabu (20/2/2019).

Kedermawanan Asep ditunjukan lewat lukisan. Setiap kali membuat pameran, hasil penjualan lukisannya pasti dipakai untuk amal. 

AYO BACA : Bandung Pisan: Sejarah Asep Berlian Versi Her Suganda

"Setelah saya memahami agama kan jadi tahu kalau harus beramal juga. Nah sebagai seniman, saya bisanya kan ngelukis. Jadi kalau pameran ya buat amal," tambahnya.

Asep juga berpendapat beramal bisa merubah kesan orang terhadap seniman.

"Jangan seniman tuh kesannya kaya orang gila, tak beraturan, tak punya tujuan. Mungkin kita bukan konglomerat, tapi dengan pameran dan lelang kan bisa bantu fakir miskin sama anak jalanan," katanya.

Pameran penggalangan dana yang dilakukan Asep tak hanya di Indonesia, namun ke beberapa negara lain. 

"Saya pernah pameran keliling Eropa, Australia, Ilinois Chicago, dan Jepang. Ini juga buat amal," tuturnya.

AYO BACA : Bandung Pisan: Sejarah Asep Berlian Versi Haryoto Kunto

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar