Yamaha Lexi

KULINER BANDUNG: Assasin, Coklat Tempe Asal Kecamatan Coblong yang Tembus Pasar Dunia

  Rabu, 20 Februari 2019   Nur Khansa Ranawati
Coklat tempe merek Assasin produksi Yani Mulyani.

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Kecamatan Coblong dikenal sebagai salah satu pusat kuliner di Kota Bandung. Banyak terdapat kafe-kafe yang menyajikan olahan kuliner menggugah selera di sepanjang jalanan kawasan Dago.

Selain menjadi lokasi pemasaran, terdapat produsen olahan kuliner yang sudah memiliki nama besar dan menjadi andalan di Kecamatan Coblong. Salah satu produk kulinernya, yakni coklat tempe merek Assasin yang dimiliki Yani Mulyani.

Produksi olahan coklat tempe Yani merupakan salah satu yang paling awal muncul di Kota Bandung. Berawal sejak 2016 hingga saat ini, produk buatan Yani tetap bertahan dan bahkan berkembang.

"Dulu awal bikinnya tahun 2016. Awalnya coba-coba. Banyak tetangga yang suka. Alhamdulilah sampai sekarang masih terus produksi dan berkembang," kata Yani kepada Ayobandung.com, Rabu (20/2/2019) siang.

Ide awal pembuatan coklat tempe yang dilakoni Yani didorong keinginannya mengangkat derajat harga tempe menjadi lebih kompetitif. 

Saat awal memulai bisnis, Yani lebih banyak memanfaatkan produksi tempe di sekitar kediamannya di kawasan RW 06, Kelurahan Sadang Serang.

Seiring berjalannya waktu, Yani mulai menggunakan tempe yang dipasok secara khusus untuk meningkatkan cita rasa. Strategi tersebut terbukti berhasil dengan terus meningkatnya permintaan coklat tempe buatan Yani.

AYO BACA : Menyulap Koran Bekas Jadi Menawan ala Warga Kecamatan Coblong

Setiap harinya, Yani rata-rata memproduksi sebanyak dua lusin coklat tempe untuk dipasarkan kepada sejumlah reseller daring. 

Coklat tempe Assasin juga didistribusikan ke Bandung Kunafe di mana outlet tersebut memesan sebanyak 200 pcs coklat tempe setiap pekan.

"Kemarin juga ada supermarket yang mau jadi seller. Alhamdulilah semakin banyak dilirik. Tapi masih kami pertimbangkan karena mereka minta enggak menggunakan merek dagang kami," katanya.

Hingga saat ini, coklat tempe Assasin sudah memiliki resseler di 27 provinsi di Indonesia. Pemasaran coklat tempe asal Coblong ini juga telah melanglang buana ke berbagai negara di dunia, seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Hongkong, Abu Dhabi, dan lainnya.

Terdapat tiga varian rasa coklat tempe Assasin yang diproduksi Yani, antara lain rasa original, pedas, dan tiramisu. Ke depan, Yani juga berencana memasarkan produk nougat coklat dalam waktu dekat.

"Kemarin sudah ada tester. Mereka udah mau memasarkan. Tinggal sekarang diobrolkan lagi kesepakatannya ke depan akan seperti apa," ujarnya.

Tonton juga video menarik berikut ini:

 

AYO BACA : Nikmatnya Bolen Pisang Krisna Sari dari Bojongloa Kaler

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar