Yamaha NMax

Pindad Sumbang Kapal Tongkang untuk Keruk Sampah Citarum

  Rabu, 20 Februari 2019   Nur Khansa Ranawati
Direktur Bisnis Industrial PT Pindad (Persero), Heru Puryanto. (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Upaya pembersihan Sungai Citarum lewat program Citarum Harum terus mendapatkan respons positif dari berbagai pihak. Salah satunya adalah PT Pindad (Persero), yang ikut menyumbangkan kapal tongkang pengeruk sampah untuk membersihkan dasar sungai.

Direktur Bisnis Industrial PT Pindad (Persero), Heru Puryanto, menuturkan pihaknya telah menyerahkan satu unit kapal tongkang pengangkut sampah kepada Satuan Tugas Citarum Harum melalui mekanisme penyaluran dana corporate social responsibility (CSR).

AYO BACA : Luhut Panjaitan: Sungai Citarum Bersih dalam Waktu 5 Tahun

"Produk yang tongkang ini baru dan kita serahkan sebagai CSR Pindad kepada satgas yang nanti digunakan satgas," ujar Heru kepada wartawan dijumpai di Citarum Expo 2019, Selasa (19/2/2019).

Dia mengatakan, kapal tongkang ini memiliki kapasitas tampung sampah sekitar 650 kilogram. Kapal ini juga bisa dioperasikan di tengah kondisi Sungai Citarum yang penuh sedimentasi berbagai material.

AYO BACA : Luhut Bantah Citarum Harum Program Pencitraan

"Bisa, karena dia (kapal tongkang) dengan setengah meter juga bisa. Tapi sebenarnya untuk ngeruk sedimentasi itu bisa menggunakan accelerator amphibious, sedimentasinya dipindahkan baru nanti mengangkat sampahnya," ujarnya.

Kapal tongkang ini disebutkan Heru rencananya akan dipesan dalam waktu dekat. Namun demikian dia belum mengetahui secara pasti berapa unit kapal tongkang yang dipesan.

"Belum memberikan informasi berapa jumlahnya tapi kami yakin jumlahnya banyak karena Sungai Citarum itu panjang sekali kan, bisa ratusan kalau menurut saya," kata Heru. 

AYO BACA : Perubahan Perilaku jadi Kunci Kesusksesan Revitalisasi Citarum

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar