Yamaha Lexi

Pesawat Lion Air Tergelincir di Pontianak

  Sabtu, 16 Februari 2019   Nur Khansa Ranawati
Pesawat Lion Air JT-714 yang melayani rute Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) menuju Bandar Udara Internasional Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat (PNK) tergelincir di landasan pacu Bandara Internasional Supadio, Sabtu (16/2/2019) pukul 15.15 WIB.(IG trans4fety)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Pesawat Lion Air JT-714 yang melayani rute Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) menuju Bandar Udara Internasional Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat (PNK) tergelincir di landasan pacu Bandara Internasional Supadio, Sabtu (16/2/2019) pukul 15.15 WIB.
 
Beredar video yang memperlihatkan persitiwa tergelincir tersebut. Video berdurasi 12 detik tersebut memperlihatkan kondisi sekitar landasan pacu Bandara Internasional Supadio yang tengah didera hujan.
 
Adapun posisi pesawat menunjukan bagian depan yang berada di posisi lebih rendah dari badan pesawat, sementara posisi pesawat berada di ujung runway.
 
Pihak Lion Air membenarkan kejadian tersebut. Berdasarkan keterangan resmi Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro yang diterima Ayobandung.com.
 
Dia mengatakan pesawat JT-714 mengalami overrun atau keluar landasan pacu tak lama setelah mendarat di Pontianak.
 
"Saat situasi ini terjadi, jarak pandang dilaporkan memenuhi persyaratan pendaratan dan kondisi hujan. Penerbangan Lion Air JT-714 hari ini dipersiapkan secara baik," jelas Danang.
 
Dia mengatakan, pesawat tersebut, yakni Boeing 737-800NG registrasi PK-LPS sebelum dioperasikan sudah melalui tahap pengecekan lebih awal dan dinyatakan laik terbang (safe to flight).
 
Adapun pesawat tersebut membawa tujuh kru dengan 180 penumpang dewasa dan dua bayi. Saat ini seluruh kru dan penumpang sudah dievakuasi dan berada dalam kondisi selamat. Sebelumnya, pesawat lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 13.50 WIB.
 
"Saat ini Lion Air bekerja sama dengan berbagai pihak terkiat tengah melakukan proses evakuasi dan langkah berikutnya. Lion Air mengucapkan permohonan maaf atas kondisi dan ketidaknyamanan yang timbul," ungkap Danang. 

AYO BACA : Daftar Panjang Insiden Pesawat Lion Air

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar