Yamaha NMax

Liputan Khas: Selain di Truk, Kalimat Nyentrik Hadir di Angkot

  Sabtu, 16 Februari 2019   Fathia Uqimul Haq
Salah satu angkot yang ditemukan memiliki kata-kata unik di kaca mobilnya. (Fathia Uqimul Haq /ayobandung.com)

BOJONGLOA KALER, AYOBANDUNG.COM--Fenomena tulisan unik atau gambar-gambar menarik bukan hanya ada di bak truk. Tulisan tersebut ternyata ada di transportasi umum lainnya seperti elf, angkot, atau bus. Biasanya tulisan di angkot tidak seheboh dan seunik di truk, namun tetap saja mencuri perhatian. 

Misalnya angkutan kota  08 jurusan Cicaheum - Leuwi Panjang yang bertuliskan "Pria Idaman" di kaca belakangnya. Atau kata mutiara "Time is Money", "Mejuah Juah", hingga lafaz arab bertuliskan Laa ilaaha illa Allah. 

Supir angkot 08, Atang (50), sudah biasa melihat grafiti di truk atau tulisan nyeleneh di angkutan umum. Namun, ia sendiri tidak tahu menahu soal makna dan maksud dari penempelan kata-kata yang menghiasa kaca mobil. 

"Sopir kan suka ganti-ganti mobil, enggak itu terus, bisa jadi tiga hari sekali ganti, jadi enggak tahu ya," ujarnya, saat ditemui di Leuwipanjang, Sabtu (16/2/2019). 

Pria asal Tangerang ini pun mengaku tidak terlalu peduli jika ada truk dengan bacaan nyentrik. Karena sudah biasa, dia tetap konsentrasi dengan kemudinya. 

"Saya kan fokus sama cari penumpang, bukan ke tulisan," ucapnya. 

Atang juga tidak terlalu mempermasalahkan soal grafiti ini. Karena pemilik angkotlah yang berhak mengubah dan menghias mobil itu sendiri. Apalagi, mobil yang kerap berganti tiap hari membuatnya tidak "ngeuh" soal apa yang ada di kendaraan tersebut. 

AYO BACA : Liputan Khas: Fenomena Tulisan Nyeleneh di Truk, Tanda Ruang Publik Masih Tertutup

"Soalnya sopir enggak selalu sama mobilnya. Kalau setoran enggak cukup selama tiga hari misal, ya udah ganti, jadi ya enggak ngaruh apa-apa," katanya. 

Begitu pun sopir angkutan kota 08 yang enggan disebutkan namanya. Selama ini ia tidak merasa terganggu dengan tulisan di bak truk meski kadang membuat terhibur. Lantas, ia tetap fokus mencari penumpang ketimbang membaca badan truk tersebut. 

"Ya suka lihat, cuman ya fokus aja lihat penumpang di jalan," ujarnya. 

Kendati demikian, ia tak jarang tersenyum melihat kalimat atau gambar lucu yang tertera di bak truk. Mulai dari gambar wanita, doa keselamatan, hingga kalimat berpantun yang sering didengar. 

"Kadang-kadang suka baca, ketawa aja, lucu," katanya. 

Namun, dia pun tidak dapat memastikan siapa yang mengawali tren tulisan di bak truk yang sudah lama berseliweran di jalan raya. Pasalnya, angkutan umum juga sering menjadi objek tulisan nyentrik dan unik. 

"Tergantung pemilik juga kayanya," ucapnya.

 

AYO BACA : Liputan Khas: Di Balik Makna Grafiti Bak Truk yang Menggelitik

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar