Yamaha Mio S

9 Tanda Bahwa Dia Pasangan Hidup Sejatimu

  Jumat, 15 Februari 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi. (Unsplash)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Pasangan hidup alias soulmate bukanlah hal yang mudah ditemukan. Anda boleh jadi telah menjalani sejumlah hubungan asmara dengan sejumlah orang, namun hal tersebut tidak menjamin Anda benar-benar telah bertemu seseorang yang dirasa tepat.

Bila saat ini Anda tengah memiliki pasangan baru atau hendak berkomitmen dengan seseroang, pertanyaan apakah dia orang yang tepat memang tidak bisa dihindari.

Psikoterapi klinis, Julia Colangelo, mengatakan bahwa pertanyaan tersebut dapat “direnungkan” dalam fase awal hubungan, yang biasanya berlangsung selama enam bulan pertama, melalui 9 tanda berikut: 

1. Hubungan Anda berjalan lebih mudah dari yang diduga

Sebagaimana dilansir dari Bustle, Jumat (15/2/2019), sebuah hubungan dapat dikatakan memiliki awal yang baik dan berpotensi untuk berkembang menjadi sesuatu yang bertahan lama ketika sejak awal Anda merasakan segala sesuatunya berjalan dengan mudah dan lancar. 

Meskipun tidak ada hubungan yang tidak didera masalah, namun bila secara umum hubungan baru Anda dirasa memberi semangat dan menyenangkan, hal tersebut bisa jadi pertanda baik. Colangelo mengatakan, Anda akan merasakan lebih sedikit “drama” dengan pasangan yang tepat. 

2. Diawali dengan kejujuran

Sebuah hubungan yang sehat dan tahan lama senantiasa diawali dengan kejujuran. Di masa-masa awal menjalani hubungan, banyak orang yang memiliki kecenderungan untuk menutupi sejumlah sisi dari dirinya sebelum hubungan tersebut berlanjut ke jenjang yang lebih serius.

Namun, bila Anda merasa nyaman bicara jujur dan blak-blakan dengan pasangan Anda, bahkan sejak tahap awal hubungan, hal tersebut adalah pertanda baik bahwa pasangan tersebut memang orang yang tepat.

"Apabila ada rasa aman ketika Anda dengan percaya diri mengungkap berbagai hal dengan orang tersebut, bisa jadi dia memang orangnya," ungkap Colangelo. 

AYO BACA : Rumah Nyaris Ambruk, Pasangan Paruh Baya Ini Tinggal di Dapur

3. Tidak dihantui masalah masa lalu

Banyak di antara kita memasuki hubungan baru dengan beberapa trauma atau permasalahan masa lalu yang membuat kita ragu untuk mengambil langkah selanjutnya. Namun, ketika Anda menemukan orang yang tepat, Anda tidak akan memiliki keraguan yang sama dengan orang tersebut. 

"Ini tidak berarti Anda naif tentang hubungan itu," kata Colangelo. "Sebaliknya, ada harapan pada orang tersebut sebagai kebalikan dari pengalaman Anda sebelumnya," ungkapnya. 

4. Kepercayaan diri Anda meningkat

Jika Anda merasa lebih kuat dan lebih percaya diri dengan pasangan Anda saat ini, itu pertanda baik. "Ini berarti Anda merasa nyaman, dan otak Anda mengirimi Anda pesan bahwa Anda berada dalam lingkungan yang aman dan nyaman," kata Colangelo.

Pastikan untuk memperhatikan perasaan ini, "Orang lain di tempat kerja atau teman mungkin mengomentari perubahan ini," jelasnya.

5. Anda dan pasangan rela berjuang untuk bisa bersama

Jika Anda biasanya gila kerja dan kerap pulang larut malam, misalnya, hal ini bisa berarti Anda beberapa kali berupaya pulang lebih awal untuk mengejar makan malam bersama, atau bangun lebih pagi dari biasanya agar dapat berangkat kerja bersama. 

"Ini mungkin tampak hampir tidak realistis bagi orang lain, tetapi Anda berdua mendapati diri Anda berkata dan merasakan, 'Saya tidak sabar ingin bertemu Anda lagi' diikuti oleh tindakan untuk kemudian benar-benar bertemu satu sama lain beberapa kali per minggu," katanya.

6. Anda dan pasangan bisa bercerita apa saja

AYO BACA : Nenek 99 Tahun Baru Terima Surat Cinta dari Tunangannya yang Hilang di PD II

"Inti dari hubungan yang solid adalah komunikasi, baik verbal maupun nonverbal," kata Colangelo. Itu sebabnya, lanjutnya, kemampuan untuk mengesampingkan ego atau perasaan takut ditolak adalah hal yang penting untuk diperhatikan. 

"Menyembunyikan rahasia terdalam kita dapat mengarah pada perasaan ketidakjujuran dan ketidakpercayaan yang tidak cenderung mengarah pada fondasi hubungan terkuat. Kita semua mengalami dan menolak rasa takut,  namun saya mendorong klien untuk membagikan hal-hal tersebut pada fase-fase awal hubungan," ungkapnya.

7. Merencanakan masa depan berdua

Jika Anda berdua merencanakan ke depan dengan mengundang satu sama lain ke pesta, acara keluarga, dan acara kerja sebelumnya, itu pertanda baik bahwa Anda melihat satu sama lain sebagai pasangan jangka panjang.

"Kesediaan untuk memadukan pekerjaan, kehidupan sosial, dan kehidupan pribadi Anda bersama adalah hal yang mendasar dan akan sangat penting jika Anda ingin bersama untuk jangka panjang," kata Colangelo.

8. Terbuka pada rasa cinta sejak awal

Merasa putus asa setelah sejumlah kencan atau hubungan yang gagal dapat membuat Anda cenderung menutup diri untuk memulai hubungan kembali. Namun, tetap percaya bahwa Anda pantas mendapatkan seseorang yang mencintai Anda dan memperlakukan Anda dengan benar adalah hal yang penting. 

"Ini sangat penting jika ada kesempatan untuk tumbuh bersama," kata Colangelo. "Jika kamu merasakan keterbukaan ini sejak awal (dan juga pasangan Anda, ini adalah tanda bahwa hubungan Anda berjalan ke arah yang benar."

9. Pasangan Anda mengeluarkan sisi terbaik Anda

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah pasangan Anda adalah orang yang tepat sejak awal adalah dengan merasakan bahwa mereka memberikan yang terbaik bagi Anda, dan sebaliknya, tanpa salah satu dari Anda kehilangan identitas pribadi.

"Hal tersebut tidak akan berjalan sempurna," kata Colangelo. "Tapi jika sebagian besar mengarah ke hal positif, maka hubungan tersebut memang sesuatu," jelasnya. 

Penting untuk diingat bahwa soulmate Anda dapat datang ke dalam hidup Anda kapan saja. Mereka mungkin tidak tampak seperti yang selalu Anda bayangkan. Anda mungkin butuh waktu untuk mengenalinya. Namun, seperti yang dikatakan Colangelo, "Taruhlah kepercayaan". Jika hubungan tersebut adalah hubungan yang sehat, stabil, dan konsisten, hubungan tersebut dapat berlangsung lama. 

AYO BACA : 3 Zodiak Ini Bakal Temukan Cinta Sejati di 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar