Yamaha

Didemo Disabilitas, Ini Jawaban Mensos

  Rabu, 13 Februari 2019   Faqih Rohman Syafei
Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita. (Faqih Rohman Syafei/Ayobandung.com)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM--Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Komisi Nasional Disabilitas tengah disusun oleh Kemanpan RB. Kemepan RB ditugasi langsung oleh pemerintah.

Komisi Disabilitas Nasional sedang dibahas dan diputuskan oleh pemerintah bahwa yang ditugaskan untuk menyusun itu adalah Kemenpan RB karena ini yang dibuat adalah struktur organisasi dari komisi tersebut, ujarnya kepada awak media di Bandung, Rabu (13/2/2019).

Agus menjelaskan terkait dengan pelayanan disabilitas, setelah adanya UU otonomi daerah bahwa layanan dasar untuk penyandang disabilitas dilaksanakan oleh Pemda. Bahkan sejak tahun 2014 Kemensos telah menyerahkab sebanyak 120 panti kepada Pemda.

AYO BACA : Mensos Disambut Demo Ketika Membagikan Bantuan Alat Bantu Dengar di Bandung

Panti yang awalnya di kelola Kemensos kemudian diserahkan kepada Pemda. Namun sayangnya kami menemukan bahwa ada panti-panti yang justru berubah fungsi, terangnya.

Panti tersebut, lanjutnya awalnya digunakan untuk memberikan layanan dasar bagi penyandang disabilitas. Tetapi berubah fungsi menjadi kantor dinas Pemda, GOR, dan rumah sakit.

Sehingga ada gep dalam UU tersebut, dinyatakan bahwa yang kemudian dilengkapi oleh Permensos yang baru saya tandatangani itu bahwa tugas Kemensos itu memberikan layanan lanjutan, karena fungsi layanan dasar tidak dilakukan oleh pemerintah daerah maka ada gep, jelasnya.

AYO BACA : Banyak Lansia, Indonesia Masuk Kategori Negara Ageing Population

Menurutnya, Kemensos hanya ditugasi untuk memberikan layanan lanjutan. Untuk mengakali agar tidak semuanya diserahkan pada Pemda, dirubahlan struktur sebanyak 39 panti menjadi balai.

Sehingga kami tidak perlu menyerahkan kepada Pemda. Coba bisa di bayangkan kalau semua diserahkan. Sehingga Kemensos tidak punya lagi kewenangan untuk melakukan operasionalisasi dari memberikan kegiatan pelayanan kepada disabilitas. Kemensos hanya di berikan kewenangan untuk merumuskan kebijakan, ucapn Agus.

Agus meminta kepada Pemda untuk pelayanan yang lebih baik bagi penyandang disabilitas. Disebutkan dengan adanya Permensos yang baru untuk melindungi para penyandang disabilitas walaupun masih terdapat ketimpangan pelayanan.

Kami sadar tetep ada gep, karena balai itu regional dan sifatnya pelayan lanjutan, artinya setelah dia dapat layanan dasar nah kalau membutuhkan layanan lanjutan baru kami tampung. Tapi layanan dasar tetap harus ada, untuk layanan lanjutan waktu untuk penerima manfaat disabilitas hanya 6 bulan, pungkasnya.

AYO BACA : Dilantik Jokowi, Agus Gumiwang Resmi Jabat Menteri Sosial

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar