Yamaha Mio S

Wisata Kuliner, Solusi Tingkatkan Pariwisata Kabupaten Kuningan

  Rabu, 13 Februari 2019   Redaksi AyoBandung.Com
Ilustrasi. (Pixabay)

Saat ini keindahan alam menjadi salah satu daya tarik paling diminati semua kalangan. Meski begitu, alam tetap perlu dijaga dan dilestarikan.

Alam bisa juga menjadi sektor unggul di suatu daerah. Di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pariwisata menjadi sektor unggul terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Berbicara terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD), bukan hanya pariwisata saja yang menjadi faktor penunjang dalam meningkatnya pendapatan asli daerah, ada juga restoran atau tempat makan. Kedua sektor ini memiliki pengaruh besar terhadap pendapatan daerah.

Restoran, pada mulanya, hanyalah pelengkap dalam kunjungan ke tempat wisata. Namun, saat ini makanan menjadi salah satu bentuk wisata khusus yang disebut sebagai wisata kuliner.

Sementara itu, pariwisata merupakan kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok untuk memperoleh kebahagiaan dari satu tempat ke tempat lainnya yang bersifat sementara.

Kondisi pariwisata di Kabupaten Kuningan

Hasil survei BPS Kabupaten Kuningan tentang pariwisata di Kabupaten Kuningan dari 2011 hingga 2017 ditemukan bahwa adanya kenaikan di sektor tersebut.

AYO BACA : 5 Tips Foto Kuliner Modal Smartphone Agar Instagramable

Wisatawan yang datang ke Kabupaten Kuningan, terbagi menjadi wisatawan mancanegara dan domestik.

Sepanjang 2011 hingga 2017, wisatawan mancanegara mengalami fluktuasi. Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah kunjungan wisatawan domestik. Wisatawan domestik yang hadir dalam rentang waktu tersebut mengalami kenaikan yang signifikan.

Data yang diperoleh pada 2011 terdapat 1.654.381 wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kuningan. Sebanyak 491 wisatawan mancanegara dan 1.653.890 wisatawan domestik.

Pada 2017, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kuningan sebanyak 3.124.948 dengan jumlah wisatawan mancanegara berjumlah 325 dan wisatawan domestik berjumlah 3.124.948.

Dari dua data yang dibahas tersebut diperoleh kenaikan dari tahun 2011 hingga 2017.

Kondisi restoran dan rumah makan di Kabupaten Kuningan

Adapun data yang diperoleh oleh BPS dari 2011 hingga 2017 terdapat rumah makan atau restoran yang berdiri di Kabupaten Kuningan. Pada 2011 terdapat 38 restoran, hal ini tidak mengalami kenaikan jumlah rumah makan di kabupaten kuningan hingga tahun 2016. Sedangkan pada tahun 2017 mengalami penurunan dengan jumlah restoran menjadi 35.

AYO BACA : Akhir Pekan, Yuk Wisata Kuliner Kekinian di Ace Culinary

Pengaruh restoran atau rumah makan terhadap pariwisata di Kabupaten Kuningan

Saat ini, bidang kuliner menjadi salah satu tujuan utama dari wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari restoran terhadap pariwisata di Kabupaten Kuningan.

Dari data yang sudah duteliti, bahwasannya restoran di Kabupaten Kuningan tidak terlalu berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan yang datang. Hal ini disebabkan kurangnya pemasaran dan inovasi terkait kuliner atau makanan yang ada di daerah tersebut.

Kondisi dan perilaku dalam meningkatkan pariwisata di Kabupaten Kuningan

Dari pendataan yang dilakukan oleh BPS dan diperkuat dengan uji Regresi Linier Berganda, diperoleh hasil uji penelitian terkait rumah makan terhadap sektor pariwisata bahwa tidak terdapat hasil yang baik. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai sebab yang telah dijelaskan di atas.

Adapun inovasi yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah adalah diadakannya pariwisata kuliner. Wisata ini dapat mengangkat sumber daya alam dan dikolaborasikan dengan kuliner yang ada di Kabupaten Kuningan.

Akan tetapi, harga harus disesuaikan dengan apa yang akan diberikan.

Di samping objek wisata, wisata kuliner di Kabupaten Kuningan pun perlu diperbaharui. Hal ini karena banyak kuliner di Kabupaten Kuningan yang menjadi incaran wisatawan tetapi harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan apa yang diberikan.

Fifit Rismayanti, Mahasiswi Matematika Universitas Jenderal Soedirman

AYO BACA : Seorang Miliuner Tiongkok Bagikan Uang Rp24,9 Miliar Lewat Helikopter

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar