Yamaha Lexi

Tak Kuat Tahan Debit Air, Kirmir Sungai Cicadas Jebol

  Selasa, 12 Februari 2019   Faqih Rohman
Sungai Cicadas. (Faqih Rohman Syafei/Ayobandung.com)

RANCASARI, AYOBANDUNG.COM--Kirmir Sungai Cicadas di Kompleks Pasir Pogor, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung jebol pada Selasa (12/2/2019) sore. Jebolnya kirmir menyebabkan ratusan rumah di RW 09 dan 10 terendam banjir.

Lurah Mekarjaya, Tati Rohayati mengatakan jebolnya kirmir Sungai Cicadas akibat dari derasnya debit air sungai lantaran sejak sore Kota Bandung diguyur hujan deras.

AYO BACA : Kirmir Sungai Cicadas Jebol, Ratusan Rumah Tergenang Banjir

"Jebolnya kirmir terjadi sekitar pukul 14.30 WIB terjadi di perbatasan Cijaura dan Mekarjaya. Karena derasnya air sungai, sehingga tidak bisa tertahan oleh kirmir," ujarnya kepada ayobandung.com saat ditemui dilokasi banjir, Selasa (12/2/2019).

Disebutkan kirmir yang jebol diperkirakan panjangnya sekitar 14 meter. Menurut dia selain derasnya air sungai kondisi kirmir yang sudah lama menjadi penyebab banjir yang menggenangi rumah-rumah warga yang berada di dekat bantaran sungai.

AYO BACA : Tanggul Pasirjati Jebol: 3 Orang Meninggal Dunia, 5 Selamat

"Kondisi kirmir udah lama dan tua, selama ini sudah tiga kali terakhir pada tahun 2017. Untuk ketinggian air yang merendam rumah warga sekitar 60 cm sampai satu meter," katanya.

Dalam peristiwa ini, sambungnya tidak terdapat korban jiwa hanya saja sebanyak ratusan rumah tergenang. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait agar segera memperbaiki kirmir yang jebol.

"Kami langsung hubungi dinas terkait, DPU dan BBWS juga. Tidak ada korban jiwa cuma rumah dan alat rumah tangga ada yang rusak. Kami pun telah mengimbau warga," terang Tati.

Sementara itu, salah seorang warga RT01 RW09, Inu (45) menyebutkan kirmir yang jebol terbuat dari batu bata. Ditambah dengan derasnya debit air membuat kirmir mudah jebol. Sedangkan ketinggian air yang merendam rumahnya mencapai 25 cm.

"Tinggi air di dalam rumah saya setinggi paha orang dewasa. Kalau yang di luar mencapai sekitar satu meteran, karena sebelumnya rumah saya sudah ditinggikan semeter," pungkasnya.

AYO BACA : Hujan Deras, Kirmir Sungai Cicadas Tergerus, Tanggul Sungai Cijaura Jebol

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar