Yamaha Lexi

Begini Cara Cepat Mengatasi Kepedasan

  Selasa, 12 Februari 2019   Dadi Haryadi
Makan pedas. (Diasweet Healthy)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Makanan pedas sedang menjadi trend pada saat ini, beberapa orang pun ingin merasakan kepedasan bahkan samapi berlebihan. Rasa pedas sampai terbakar ini sebenarnya disebabkann oleh suatu senyawa yang ada dalam kandungan cabai.

Dr. Tania Savitri, salah satu dokter lulusan Universitas menjelaskan, ketika seseorang mengigit cabai, senyawa capcaisin akan menempel di reseptor lidah. Kemudian, reseptor di lidah akan membawa sinyal ke otak bahwa tubuh telah menyentuh sesuatu yang panas sehingga pada beberapa orang, mereka bisa berkeringat saat kepedasan.

Seperti dikutip Di klikdoterindonesia, Selasa (12/2/2019) dibalik rasa pedasnya, cabai baik untuk saluran pencernaan. Bagi yang mengalami sembelit, cabai dapat meningkatkan gerak peristaltik usus sehinga memperlancar proses buang air besar.

AYO BACA : Oseng Cumi Extra L Buat Pencinta Pedas dan Petai

Bagi metabolisme tubuh secara keseluruhan, cabai membuat proses pembakaran kalori berlangsung lebih efisien. Selain mengandung capsaicin, cabai juga mengandung vitamin C, vitamin A, mineral, antioksidan dan serat.

Tania juga menjelaskan ada tiga cara cepat untuk menghilangkan kepedasan menggunakan makanan dan minuman, diantranya

1. Minum susu

AYO BACA : Oseng Ayam Krispi, Renyah Dipadu Kuah Pedas

peneliti di New Mexico State University Chile Pepper Institute menemukan cara cepat yang bisa dilakukan yaitu dengan minum susu. Dalam studinya, peneliti menemukan bahwa protein dalam susu bisa menggantikan senyawa kimia yang membuat cabai terasa pedas dan menimbulkan sensasi panas serta terbakar.

2. Gula

Ketika kepedasan jangan minum air. Capsaicinoid berbahan dasar minyak dan tak akan bisa dihilangkan dengan air. Namun Anda bisa mencoba mengonsumsi satu sendok teh gula utuh atau madu untuk menghilangkan rasa pedas.

3. Minyak Sayur

Capsaicin bisa dihilangkan dengan minyak sayur atau minyak zaitun. Anda bisa menggunakannya untuk ‘mencuci’ mulut serta menghilangkan rasa terbakar. Akan lebih baik jika minyak tersebut dimasukkan lemari es supaya dingin.

AYO BACA : Makan Makanan Pedas Membuat Hidung Beringus, Ini Alasannya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar