Yamaha NMax

Beberapa Hal Yang Sebaiknya Tidak Dipakai Bersama

  Selasa, 12 Februari 2019   Dadi Haryadi
(Pixabay.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Berbagi artinya peduli, begitu kata banyak orang. Namun ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya tidak perlu diibagikan atau digunakan bersama, terutama hal-hal yang berkaitan dengan bagian luar bahkan dalam tubuh kita seperti handuk, alat mandi, sikat gigi karena dapat membawa bakteri, virus dan jamur.

Dikutip dari Dailymail, Rabu (13/2/2019), seorang ahli kesehatan lingkungan bernama Lisa Ackerley kulit merupakan penghalang antara tubuh dengan lingkungan luar yang paling efektif, tetapi jika tergores atau terluka maka akan retan terhadap mikroba.

Beberapa hal yang sebaiknya tidak dipakai bersama menurut para ahli yang ditulis oleh Dailymail adalah sebagai berikut:

1. Pelembap bibir oles

Pelembap bibir oles lebih beresiko terkontaminasi mikroba dikarenakan jari kita yang mungkin saja kotor dapat menyebar di dalam kemasannya. Terlebih jika pelembab bibir ini digunakan bersama karena akan mengundang banyak bakteri lainnya. "Sangat mungkin bahwa mikroba dapat bertahan hidup dalam pelembap bibir, karena suhunya tepat dan tetap lembap,” kata Robin May, seorang professor penyakit menular di University of Birmingham. Apalagi pelembap bibir yang biasa digunakan pada kulit pecah-pecah memungkinkan bakteri masuk dan menginfeksi bagian dalam kulit.

AYO BACA : 7 Cara Mencegah Mata dari Bakteri dan Virus saat Musim Hujan

2. Headset/Ear headphones

Beberapa mikroba berbahaya hidup secara alami di telinga namun akan mengganggu ketika terdapat mikroba lain yang dapat mengganggu keseimbangan mikroba yang ada. Pada headset sering terbawa bakteri yang mungkin saja akan berpindah ketika digunakan oleh orang lain yang diantaranya akan bersifat pathogen atau bahkan menyebabkan penyakit.

3. Soup

Ketika kita berbagi makanan terutama makanan berkuah memungkinkan perpindahan bakteri melalui air liur atau saliva. Saliva dapat membawa virus seperti virus penyebab batuk dan flu.

4. Pasta gigi

AYO BACA : 11 Cara Ampuh Mengatasi Infeksi Bakteri

Selain sikat gigi, pasta gigi merupakan alat mandi yang sebaiknya tidak digunakan bersama terutama jika kita sedang sakit tenggorokan. Kuman di dalam mulut dapat menyebar ke sikat gigi lalu ke ujung pasta gigi bersama yang mungkin akan menular ke pengguna lain.

5. Pisau cukur

Ketika kita menggunakan pisau cukur yang bisa saja melukai permukaan kulit kita sehingga memungkinkan bakteri tersebar melalui luka. Terlebih jika terjadi pendarahan, ada risiko tersebarnya bakteri melalui darah seperti hepatitis.

6. Mascara dan eyeliner

Mascara dan eyeliner merupakan salah satu alat make-up yang sebaiknya digunakan secara pribadi, bahkan seharusnya segala hal yang bersentuhan dengan kulit lebih baik digunakan pribadi dan tidak perlu dibagikan. Terdapat beberapa mikroba yang dapat menembus selaput lendir mata pada sikat mascara yang kemudian tersimpan di dalam wadah mascara yang gelap dan lembap.

7. Sisir

Sisir jelas dapat memindahkan bakteri yang tumbuh di kulit kepala. Ketika kita menggunakan sisir, beberapa bakteri akan menempel pada sisir dan berpindah ke kulit kepala lain ketika digunakan.

AYO BACA : Bakteri di Mulut Picu Penyakit Kronis, Ini Alasannya

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar