Yamaha Lexi

Kirmir Sungai Cicadas Jebol, Ratusan Rumah Tergenang Banjir

  Selasa, 12 Februari 2019   Faqih Rohman
Salah Seorang Warga Sedang Membersihkan Sampah Akibat Luapam Banjir Sungai Cicadas. (Faqih Rohman Syafei/Ayobandung.com)

MEKARSARI, AYOBANDUNG.COM--Ratusan rumah di RW 09 dan RW 10 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung terendam banjir, Selasa (12/2/2019). Banjir tersebut akibat kirmir Sungai Cicadas jebol.

Salah seorang warga RT01 RW09, Inu (45) mengatakan banjir yang merendam rumahnya terjadi sekitar pukul 14.30 WIB akibat luapan air Sungai Cicadas. Luapan air sungai karena derasnya hujan yang melanda kawasan Rancasari.

AYO BACA : Tanggul Pasirjati Jebol: 3 Orang Meninggal Dunia, 5 Selamat

"Sekitar jam 14.00 WIB hujan angin, kemudian debit air sungai membesar dan merobohkan kirmir yang ada di sebelah rumah air kemudian naik," ujarnya kepada Ayobandung.com, Selasa (12/2/2019).

Dia menjelaskan kirmir yang jebol terbuat dari batu bata, sehingga daya tahannya terhadap terjangan air kurang kuat. Sehingga luapan air Sungai Cicadas menggenangi rumah warga yang berada di bantaran sungai.

AYO BACA : Baleendah dan Dayeuhkolot Terendam Banjir

"Tinggi air di dalam rumah saya sekitar 25 cm, sedangkan di luar mencapai sekitar satu meteran. Ketika jebol air pun terus naik," katanya.

Inu menyebutkan genangan air banjir mulai berangsur surut ketika hujan reda dan memasuki waktu salat Magrib. Akibat terjangan air sungai, satu bangunan bekas garasi mobil yang berada di samping rumahnya roboh.

"Air dalam hitungan menit terus naik, dan mulai surut sekitar pukul 17.45 WIB. Akibat bencana ini satu bangunan bekas garasi roboh," pungkasnya.

AYO BACA : 5 Hal Mencegah Banjir

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar