Yamaha Mio S

KPU Kota Bandung Butuh 50.000 Personel di TPS

  Selasa, 12 Februari 2019   Fathia Uqimul Haq
Ilustrasi.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung membutuhkan 50.000 personel untuk  melaksanakan pemungutan suara di 7103 Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Ketua KPU Kota Bandung, Suharti, berharap supaya warga Kota Bandung mau berpartisipasi menjadi penyelenggara pemilu 2019. 

"Kita sedang rekrutmen anggota KPPS di 7103 tps. Bagaimana masyarakat punya peran untuk sama-sama menyukseskan pemilu 2019," ujarnya,  Selasa (12/2/2019). 

Pasalnya, 7103 TPS membutuhkan 14.206 orang petugas keamanan dan 49.721 orang petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Setiap TPS terdiri atas 7 orang panitia. 

Untuk menjadi panitia penyelenggara, syaratnya berusia 17 tahun, memiliki Ijazah SMA, dan berdomisili  di wilayah TPS berada. Peminat dapat mendaftarkan diri ke kelurahan masing-masing. 

"Setelah itu kita adakan bimbingan teknis  bagaimana mereka melakukan proses pemungutan dan penghitungan suara," katanya.  

Rekrutmen terbuka ini dilakukan dalam rangka regenerasi panitia mengingat banyaknya surat suara yang mesti dihitung sebanyak 5 buah surat suara dan berita acara.  

"Kalau masih mengandalkan orang sepuh khawatir juga, makanya kita ada proses regenerasi dan sesuai UU nomor 7 tahun 2017 telah mengakomodir itu, yang awalnya syarat nya 21 tahun jadi 17 tahun," jelasnya. 

Suharti berharap khususnya mahasiswa mau berpartisipasi sebagai penyelenggara. 

"(Mahasiswa) enggak cuma retorika di kampus tapi mengamalkannya di proses pemilu," jelasnya.
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar