Yamaha Aerox

Cegah Osteoporosis dengan Melompat

  Selasa, 12 Februari 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Melompat selama enam menit setiap minggu bisa cegah osteoporosis, loh. Peneliti olahraga Gallin Montgomery dari Manchester Metropolitan University mengatakan, melompat dapat menguatkan otot-otot kaki dan pinggul, serta mencegah penipisan tulang seiring bertambahnya usia.

Dalam penelitiannya yang diterbitkan di Journal of Electromyography and Kinesiology, Montgomery mengamati 14 wanita berusia lima puluhan. Dia mengatakan, jalan kaki yang dilakukan 14 wanita ini ternyata tidak cukup untuk melatih dan menyehatkan tulang.

Namun, ketika para wanita tersebut melakukan lompatan-lompatan setiap empat detik, yang melatih bagian-bagian kaki, ditemukan bahwa kegiatan ini mampu memperkuat tulang.

Montgomery mengatakan, lompatan ini mampu memadatkan mineral tulang sebesar 2 persen per tahun, yang mungkin cukup untuk menangkal osteoporosis.

AYO BACA : Pahami 6 Gejala Obesitas Ini

Berdasarkan penelitian sebelumnya, satu dari lima wanita di atas 50 tahun mengalami osteoporosis. Bahkan, setengah dari wanita di atas 50 tahun mengalami penyakit tulang rapuh.

Meskipun olahraga dapat memperkuat tulang, lanjut Montgomery, wanita paruh baya terkadang tidak bisa melakukannya karena banyaknya tuntutan, seperti harus merawat anak-anak dan bekerja, baik di rumah maupun kantor.

Oleh karenanya, penelitian ini menyarankan agar orang-orang melakukan 30 lompatan tiga kali seminggu untuk mencegah osteoporosis.

"Perempuan bisa melakukannya dalam dua menit dengan diselingi istirahat yang lebih singkat," kata Montgomery, seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (12/2/2019).

AYO BACA : Yoghurt Mampu Tingkatkan Kesehatan Tulang pada Lansia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar