Yamaha Lexi

Berita Pilihan: Persib Bantai Persiwa 7-0 Hingga Sejarah Toyota Kijang

  Selasa, 12 Februari 2019   Fira Nursyabani
berita pilihan ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Redaksi ayobandung.com telah merangkum berita-berita pilihan yang terbit pada Senin (11/2/2019). Hari ini Persib berhasil membantai Persiwa dalam pertandingan hari ini di Stadion Si Jalak Harupat dengan skor 7-0. Selain itu, ada fakta unik di balik nama Kijang, kendaraan yang diperkenalkan Toyota di Indonesia pada 1977.

Berikut berita selengkapnya:

 

Pesta Gol, Persib Bantai Persiwa 7-0

Persib Bandung berhasil menekuk Persiwa Wamena dalam pertandingan leg kedua babak 32 besar Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (11/2/2019). Tujuh gol Maung Bandung berhasil dicetak lewat Ezechiel N’Douassel, Srdan Lopicic, Esteban Viscarra, Beckham Putra Nugraga, dan Ghozali Siregar di menit ke 15, 38, 50, 55, 64, 79, dan 90.

Di bawah asuhan pelatih Miljan Radovic, Supardi cs ini tampil mendominasi. Si babak pertama, berbagai kans diciptakan bomber andalan Persib, Ezechiel Ndousel. 

Di menit 5 dan 7 Eze masuk dari dalam kotak dan sisi kanan tapi belum bisa melewati kawalan bek Persiwa. Gol perdana pun terpecah di menit 16. Tandukan Eze memecah kebuntuan di Stadion Si Jalak Harupat sore ini. 

Persib memang lebih berinisiatif menyerang. Lewat gelandang anyarnya Esteban Viscarra, Persib beberapa kali membahayakan pertahanan tim tamu dengan umpan-umpan pendek mendatar.

Sedangkan di kubu lawan, Persiwa yang tertekan sesekali melakukan serangan sporadis namun harus kandas di tengah jalan.

Di menit 23 dan menit 26, Febri Haryadi mulai tebar ancaman. Namun tembakannya masih bisa ditangkap Endang Subrata. Hingga menit 29 skuat Maung Bandung sulit menguasai lini tengah. Sementara serangan balik yang dilakukan Persiwa bisa diamankan oleh Supardi. 

Meski begitu, Persib mampu menambah golnya di menit 38 dari kepala Ezechiel memanfaatkan assist Srdan Lopicic. 

Tak cukup dua gol, Persib masih terus merangsak pertahanan lawan. Sejumlah peluang banyak diciptakan Pangeran biru untuk menambah gol. Namun hingga berakhirnya babak pertama skor tidak berubah 2-0 untuk keunggulan sementara Persib Bandung.

Usai turun minum, Persib kian beringas. Tak urung, gol ketiga Persib kembali hadir usai memanfaatkan handsball di dalam kotak penalti dari pemain Persiwa. Di menit 50, eksekusi penalti dingin dari sang algojo, Srdan Lopicic kian menambah bubuhkan gol Persib Badung. 

Tak tangung-tanggung, gol keempat menyusul di menit 55 dari Ezechiel Ndousel melalui sepakan yang melesat dari sudut sempit. Gol ini sekaligus gol ketiga Ezechiel. 

Sepanjang pertandingan Persib memang tampil percaya diri memainkan bola di tengah lapangan. Alhasil, pundi-pundi gol Persib kembali bertambah. Terbukti gol kelima hadir kembali di menit 64 melalui sepakan Esteban Viscarra.

Pemain muda Persib pun tak ingin tinggal diam. Usai turun main menggantikan Abdul Aziz di menit 60, Beckham Putra Nugraha turut menyumbang pundi gol Persib di menit 79. 

Bahkan keunggulan Persib kian jauh dengan sumbangan gol terakhir dari Ghozali Siregar di menit 90. Dengan kemenangan Ini Persib dipastikan bakal menghadapi Arema FC di babak 16 besar Piala Indonesia. 

 

Sejarah dan Singkatan Kijang dari Toyota

Pabrikan otomotif raksasa asal Jepang Toyota menginjakkan kakinya pertama kali di Indonesia pada 1977 dengan memperkenalkan mobil bernama Kijang. Kijang merupakan akronim dari Kerja Sama Indonesia Jepang.

Prototipe Kijang generasi pertama diperkenalkan dalam Jakarta Fair pada 1975, tetapi baru diproduksi secara massal dua tahun kemudian. Model pertama ini dikenal luas dengan sebutan Kijang buaya, lantaran kap mesinnya yang bisa dibuka lebar-lebar seperti moncong buaya. Disitat dari situs Toyota, kandungan lokal Kijang buaya sebanyak 19 persen dan diproduksi dalam rentang 1977-1980. 

Memasuki 1981, generasi Kijang kedua diluncurkan. Kali ini sebutannya Kijang doyok. Dengan sasis KF20, kandungan lokal doyok lebih tinggi ketimbang buaya yaitu 30 persen. Doyok diproduksi antara 1981 hingga 1985

Lima tahun kemudian Kijang meluncurkan generasi ketiganya yang modelnya masih bisa dilihat berlalu lalang di jalanan sekarang. Penampilan model ketiga yang diproduksi antara 1986-1996 ini jauh lebih necis dan modern di zamannya. Dengan sebutan Kijang jantan, kandungan lokal yang digunakannya sebanyak 44 persen dan Toyota Indonesia mulai mengekspornya ke sembilan negara. 

Pada 1997, Kijang generasi keempat mengaspal. Kijang yang sering disebut kapsul ini tampak lebih gemuk dari sebelumnya. Kijang kapsul dibuat antara 1997 hingga 2004 dengan kandungan lokal sebesar 53 persen.

Pada 2004, Kijang memperkenalkan generasi kelimanya yaitu Kijang Innova. Dibandingkan model sebelumnya, Innova tampil sangat beda. Innova mengusung konsep baru yaitu Basic Utility Vehicles dan memposisikan sebagai kendaraan kelas menengah. Innova menggunakan kandungan lokal sebesar 80 persen dan diekspor ke-22 negara dengan melepas namanya Kijang-nya. Innova masih diproduksi hingga saat ini sejak pertama kalinya di 2004. 

Setelah 10 tahun meluncurkan Innova, Kijang melepas generasi keenam atau yang paling terbaru. Dengan nama Innova Reborn, model keenam ini tampil lebih futuristik dan mewah yang merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Generasi teranyar ini memakai kandungan lokal sebanyak 85 persen dan diekspor ke-29 negara.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar