Yamaha Lexi

Tanggul Pasirjati Jebol, Ridwan Kamil Minta Bupati Bandung Cek Perkebunan di Hulu

  Senin, 11 Februari 2019   Nur Khansa Ranawati
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Nur Khanza Ranawati/Ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menanggapi peristiwa jebolnya tanggul air di Kompleks Jatiendah Regency, Dusun Pasirjati, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung pada Sabtu (9/2/2019). Dia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemkab setempat dan meminta Bupati Bandung Dadang Naser beserta jajaran kepolisian untuk menelisik lebih jauh penyebab jebolnya tanggul yang merenggut tiga nyawa tersebut.

Pertama, Emil, sapaan akrabnya, meminta konstruksi tanggul yang diperkirakan memiliki kerusakan tersebut untuk segera diperiksa.

"Tanggul itu saya cek ke bupati secara konstruksi kemungkinan memang ada problem di strukturnya, tidak pakai tulangan katanya, sehingga mudah tergerus air. Hal itu sedang diselidiki termasuk oleh pihak kepolisian," ungkapnya ketika ditemui di Gedung Sate, Senin (11/2/2019).

AYO BACA : Tanggul Pasirjati Jebol: 3 Orang Meninggal Dunia, 5 Selamat

Kedua, Emil meminta Dadang Naser dan jajarannya untuk mengecek soal perkebunan di area hulu. Dia menilai tipe perkebunan di hulu memiliki kemungkinan pengaruh pada pengendalian air.

"Kedua saya minta cek tipe perkebukan di hulu, apakah ada tipe perkebunan di hulu yang menyebabkan air tak bisa dikendalikan dengan baik atau tidak," ungkapnya.

Ketiga, Emil mengatakan, curah hujan esktrem belakangan juga bisa menjadi salah satu pengaruh. Infrastruktur yang ada tidak dapat menampung debit air yang melimpah. Untuk itu, tim tanggap darurat hingga saat ini senantiasa disiagakan. 

"Atau sebagaimana yang kerap disampaikan BMKG, ada momen-momen dimana curah hujan tengah ekstrem sehingga tidak bisa ditahan oleh infrastruktur existing. Dalam jangka waktu dekat, tanggap darurat akan tetap dilakukan," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar