Yamaha Lexi

Kijang Itu Singkatan dan Sejarahnya

  Senin, 11 Februari 2019   Andres Fatubun
Generasi pertama Kijang yang dikenal dengan sebutan kijang buaya. Diproduksi pertama kali tahun 1977. (autowp.ru)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Pabrikan otomotif raksasa asal Jepang Toyota menginjakkan kakinya pertama kali di Indonesia pada tahun 1977 dengan mempekenalnya mobil bernama Kijang.

Kijang merupakan akronim dari Kerja Sama Indonesia Jepang.

Prototipe Kijang generasi pertama diperkenalkan dalam Jakarta Fair tahun 1975 tapi baru diproduksi secara massal dua tahun kemudian. Model pertama ini dikenal luas dengan sebutan Kijang buaya, lantaran kap mesinnya yang bisa dibuka lebar-lebar seperti moncong buaya. Disitat dari situs Toyota, kandungan lokal Kijang buaya sebanyak 19 persen dan diproduksi dalam rentang 1977-1980. 

Memasuki tahun 1981, generasi Kijang kedua diluncurkan. Kali ini sebutannya Kijang doyok. Dengan sasis KF20, kandungan lokal doyok lebih tinggi ketimbang buaya yaitu 30 persen. Doyok diproduksi antara tahun 1981 hingga 1985

Lima tahun kemudian Kijang meluncurkan generasi ketiganya yang modelnya masih bisa dilihat berlalu lalang di jalanan sekarang. Penampilan model ketiga yang diproduksi antara tahun 1986-1996 ini jauh lebih necis dan modern di zamannya. Dengan sebutan Kijang jantan, kandungan lokal yang digunakannya sebanyak 44 persen dan Toyota Indonesia mulai mengekspornya ke sembilan negara. 

Di tahun 1997, Kijang generasi keempat mengaspal. Kijang yang sering disebut kapsul ini tampak lebih gemuk dari sebelumnya. Kijang kapsul dibuat antara tahun 1997 hingga 2004 dengan kandungan lokal sebesar 53 persen.

Tahun 2004, Kijang memperkenalkan generasi kelimanya yaitu Kijang Innova. Dibandingkan model sebelumnya, Innova tampil sangat beda. Innova mengusung konsep baru yaitu Basic Utility Vehicles dan memposisikan sebagai kendaraan kelas menengah. Innova menggunakan kandungan lokal sebesar 80 persen dan diekspor ke 22 negara dengan melepas namanya Kijang-nya. Innova masih diproduksi hingga saat ini sejak pertama kalinya di tahun 2004. 

Setelah 10 tahun meluncurkan Innova, Kijang melepas generasi keenam atau yang paling terbaru. Dengan nama Innova Reborn, model keenam ini tampil lebih futuristik dan mewah yang merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Generasi teranyar ini memakai kandungan lokal sebanyak 85 persen dan diekspor ke 29 negara.  

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar