Yamaha Mio S

Gaya Baru Peliputan ala Jurnalis Komik

  Minggu, 10 Februari 2019   M. Naufal Hafizh
Salah satu bentuk penyajian berita ala Jurnalis Komik. (Instagram @jurnaliskomik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Dunia jurnalistik yang saat ini ditopang tekonlogi semakin memudahkan kita mendapatkan informasi. Beberapa model penyampaian berita pun beragam, mulai dari bentuk cetak, daring, sampai video.

Salah satu perkembangan tersebut dilihat menarik oleh salah seorang Komikus asal Cimahi, Hasbi Ilman Hakim. Pria berkacamata ini memadukan dunia peliputan jurnalistik dengan komik. Gaya tersebut ia namakan Jurnalistik Komik atau jurnalis komik.

AYO BACA : Salsabilla, Tunarungu dari ITB yang Buat Komik Sendiri

Berawal dari kesukaanya melihat feature di surat kabar, Hasbi lantas tertarik mengisahkan tulisan tersebut dalam bentuk komik. Liputan-liputan yang dibuat ia masukan dalam Instagram @jurnaliskomik dan juga situs web jurnaliskomik.com.

Pria berusia 22 tahun itu juga menjelaskan, isu yang dipilih cenderung humanis.

AYO BACA : AYO PEMUDA: Menggali Bakat Komika di Sekolah

“Landasan untuk membuat liputan ini adalah tentang kemanusiaan. Komik merupakan medium yang terbangun dari dialog balon kata. Dan balon kata tersebut harus ada manusia yang menceritakanya,” tuturnya.

Untuk melakukan satu kali liputan, jurnalis komik biasanya membutuhkan waktu dua sampai tiga hari. Hal tersebut didasari oleh riset yang mendalam, cek ulang data, pemilihan karakter cerita, dan pewarnaan.

Dari proses panjang itu, hasilnya terbayar tuntas dengan tersajinya berita yang mendalam.

Gaya baru dalam bermedia ini, kata Hasbi, tidak lain karena ingin menyaingi media-media besar semacam Tirto, Kumparan, ataupun Vice dengan peliputan yang lebih dalam dan menarik lagi kedepanya. “Saya yakin lima tahun ke depan Jurnalis Komik akan menjadi salah satu pesaing media-media besar semacam Vice, Kumparan, ataupun Tirto,” tutupnya. (Wildan A. Nugraha)

AYO BACA : Yuk, Baca "Go-Comic", Komik Edukatif tentang Ilmuwan Islam

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar