Yamaha Lexi

Cara Sederhana Usir Bau Ketiak

  Minggu, 10 Februari 2019   Anya Dellanita
Ketiak. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Kesal karena usahamu untuk dandan maksimal rusak gara-gara bau ketiak? Tidak perlu khawatir, cara mengusirnya sederhana kok. Ingin tahu caranya? Simak rangkuman yang dikutip dari Healthline, SeninĀ (11/2/2019) berikut.

1. Jaga Kebersihan
Mungkin kamu sudah bosan mendengar kalimat di atas. Namun, ternyata cara ini usir bau ketiak lho.

Sebaiknya mandilah teratur sebanyak dua kali sehari. Hindari mandi dengan air panas karena dapat membuat tubuhmu semakin berkeringat. Jangan lupa gunakan handuk bersih dan kering setelahnya.

2. Batasi konsumsi makanan pedas

AYO BACA : Lima Scrub ala Rumahan untuk Meringankan Gelap di Ketiak

Ada beberapa makanan tertentu yang memicu bau ketiak, dan makanan pedas adalah salah satu di antaranya. Makanan pedas dapat memicu produksi keringat berlebih, apalagi jika ditambah konsumsi bawang putih dan bawang Bombay.

3. Perhatikan bahan pakaian

Pilihlah pakaian dengan bahan kain yang dapat menyerap keringat dan membuat kulit bisa bernapas, contohnya, wol, sutera, dan katun. Dengan pemilihan bahan yang benar, keringat dapat menguap sehingga bakteri penyebab bau ketiak kabur. Selain itu, pakailah pakaian yang bersih.

4. Cukur bulu ketiakmu

AYO BACA : Sering Bau Badan? Lupakan Deodoran, Ganti dengan Keringat Orang Lain

Tak ada salahnya mencukur bulu ketiak. Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan, mencukur bulu ketiak secara rutin dapat mengurangi bau ketiak.Pasalnya, membersihkan kletuiak tanpa bulu dianggap lebih efektif.

5. Manfaatkan lemon

Ternyata ada cara alami usir bau ketiak lho, yakni dengan lemon. Caranya, ambil setengah buah lemon dan gosokkan ke ketiak. Biarkan mengering, lalu bilas dengan air bersih. Jika kamu memiliki kulit sensitif, campur perasan lemon dengan sedikit air dan oleskan ke ketiak.

Lemon dapat mengurangi bau ketiak karena memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan bersifat anti bakteri. Air lemon dapat membantu menurunkan tingkat keasaman kulit ketiak sehingga bakteri penyebab bau pun pergi.

6. Jangan lupa pakai deodoran

Sebelum bepergian, jangan lupa pakailah deodoran. Deodoran dapat membantu mencegah bau pada ketiak tanpa memblok keringat.

AYO BACA : Ini Cara Mencukur Biar Ketiak Eggak Hitam

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar