Yamaha

Tinjau Lokasi Banjir Bandang, Bupati Bandung Minta Warga KBU Perhatikan Lingkungan

  Minggu, 10 Februari 2019   Mildan Abdalloh
Bupati Bandung Dadang M Naser meninjau lokasi bencana banjir bandang di Jati Endah Regency, Kecamatan Cilengkrang, Minggu (10/2/2019). (Mildan Abdalloh/Ayobandung.com)

CILENGKRANG, AYOBANDUNG.COM--Bupati Bandung Dadang M Naser meninjau lokasi banjir bandang di Jati Endah Regency, Kecamatan Cilengkrang, Minggu (10/2/2019).

Menurutnya, banjir bandang di komplek perumahan tersebut diakibatkan oleh tembok penahan tebing (TPT) anak sungai Cipanjalu jebol oleh arus sungai.

Benteng yang jebol ini menyebabkan banjir bandang dan air masuk ke rumah warga, tutur Dadang.

AYO BACA : Tanggul Pasirjati Jebol: 3 Orang Meninggal Dunia, 5 Selamat

Akibatnya dua rumah ambruk dan menyebabkan dua orang warga meninggal dunia.

Menurut Dadang, besarnya arus di anak sungai Cipanjalu tidak terlepas dari kondisi alam di bagian atas, yakni gunung manglayang. Di kawasan tersebut, secara aturan telah dilindungi oleh Perda Kawasan Bandung UTara (KBU) untuk pengendalian bangunan.

Untuk bangunan sudah dikendalikan, yang terbangun hanya 20% dan 80% harus jadi kawasan hijau, ujarnya.

AYO BACA : Banjir Bandang di Cilengkrang, Begini Kesaksian Warga

Namun musim hujan seperti sekarang kata dia banyak petani yang baru masuk masa tanam. Pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap pola tanam masyarakat petani di bagian atas.

Akan kami evaluasi sampai ke bagian atas. Masyarakat di atas, mohon kalau menanam menggunakan etika, harus pakai terasering supaya ada penahan air. Kalau tidak punya etika, yang kena di bawah, seperti sekarang ini, ujarnya.

Kedepan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat di kaki gunung Manglayang dan melakukan penanaman pohon.

Kami terus melakukan upaya belanja pohon untuk ditanam, ada alpukat, nangka dan pohon keras lainnya. Tapi dampaknya akan dirasakan lima tahun kedepan, ujarnya.

Terkait penanganan bencana, Dadang mengatakan BPBD dan pihak terkait sudah turun untuk membantu melakukan penanganna di lapangan.

Terima kasih kepada Polres bandung, Kodim, dan Zipur yang sudah sigap sejak tadi pagi membantu supaya aliran sungai tidak terus mengalir ke rumah penduduk, tutupnya.

AYO BACA : Banjir Bandang Cilengkrang, Para Korban Telah Diperingatkan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar