Yamaha Lexi

Polisi Berkuda Amankan dan Hibur Warga Bandung

  Minggu, 10 Februari 2019   Dadi Haryadi
Seorang anak naik di atas kuda milik Kesatuan Unit Polisi Satwa Jawa Barat Sub Unit Turangga, di Car Free Day Dago, Minggu (10/2/2019). (Wildan Aulia Nugraha/Ayobandung.com)

BANDUNG,AYOBANDUNG.COM--Kesatuan Unit Polisi Satwa Jawa Barat Sub Unit Turangga siap mengamankan kegiatan-kegiatan masyarakat Bandung. Ada empat ekor kuda jenis Warmblood yang setiap harinya menyusuri permukiman warga.

AYO BACA : Jokowi Bertegur Sapa dengan Warga Kota Bandung di CFD Dago

Ketua Unit Polisi Satwa Sub Unit Turangga, Brigadir Heri Setyono menjelaskan kuda-kuda asal Belanda tersebut melakukan patroli di sekitar area gang-gang kecil permukiman. "Selain itu, kami juga terbiasa untuk mengamankan acara-acara yang diadakan oleh masyarakat jika diperlukan,” ujarnya ditemui Ayobandung.com, Minggu (2/10/2019).

AYO BACA : Ribuan Orang Meriahkan Harmoni Indonesia di CFD Dago

Dia menjelaskan pasukan polisi berkuda berpatroli di sekitaran Arcamanik mulai pukul 10.00 sampai 14.00. "Patroli pukul 10 pagi sampai 2 siang, karena pada waktu-waktu tersebut rumah pemilik ditinggal bekerja. Biasanya itu merupakan sasaran empuk untuk para penjahat beraksi,” tuturnya.

Heri menuturkan setiap hari para kuda sering dilatih untuk lompat dan menghindari rintangan-rintangan agar otot-ototnya tetap kuat. Asupan makanan untuk hewan ini juga ikut diperhatikan. Selain rumput, kuda berpostur dua meter tersebut diberi pelet, konsentrat serta kulit gandum.

Saat Car Free Day di Dago, kehadiran pasukan polisi berkuda menarik perhatian para pengunjung. Sejumlah anak-anak dan orang dewasa pun ingin mencoba merasakan menaiki kuda seharga Rp400 jutaan tersebut.

“Selain untuk pengamanan, kuda-kuda ini sering dijadikan teman berfoto oleh warga. Kehadiran kami diharapkan bisa membuat masyarakat Bandung lebih merasa aman dan nyaman," pungkasnya.

AYO BACA : 28 Komunitas se-Kota Bandung Deklarasi Anti-Hoaks di CFD Dago

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar