Yamaha Lexi

Banyak Lansia, Indonesia Masuk Kategori Negara Ageing Population

  Jumat, 08 Februari 2019   Husnul Khatimah
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita saat menghadiri kegiatan Bimbingan dan Pemantapan Pendamping Sosial Lanjut Usia, Jumat (8/2/2019). (Husnul Khatimah/ayobandung.com)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Indonesia saat ini telah memasuki kategori negara ageing population. Ia menjelaskan, negara ageing population adalah negara yang memiliki jumlah warga lanjut usia di atas tujuh persen dari total penduduknya.

"Indonesia sudah dikategorikan sebagai negara ageing population karena menurut teori jika sudah diatas 7 persen itu sudah ageing population," ujar Agus, usai menghadiri kegiatan Bimbingan dan Pemantapan Pendamping Sosial Lanjut Usia di Bogor, Jumat (8/2/2019).

Dia menambahkan, berdasarkan data yang ada, di Indonesia saat ini jumlah lansia telah mencapai 24 juta orang atau sekitar 9 persen dari total penduduk. "Di dalam undang-undang lansia itu ditetapkan umur lansia itu bagi mereka yang berumur 60 tahun ke atas," kata Agus.

Menurutnya, dikategorikan sebagai negara ageing population menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Indonesia untuk mencari cara bagaimana agar mereka yang telah lanjut usia itu tetap bisa produktif.

"Itu menjadi tantangan kita, ageing population itu jangan dianggap sesuatu yang menjadi beban, nah ini para lansia ini kita harus mencari cara agar standar umur produktif dari seseorang itu bisa kita tingkatkan," ujarnya.

Ia mengaku percaya bahwa mereka yang berusia lanjut tetap bisa produktif. "Mereka itu dianggap tingkat produktivitasnya lebih tinggi. Selain itu mereka juga punya tingkat wisdom yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi misalnya di Jepang perusahaan-perusahaan besarnya pasti pimpinan perusahaannya rata-rata usia di atas 60 tahun," tutur Agus.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar