Yamaha NMax

Jamu Persiwa, Radovic Hindari Adu Penalti

  Jumat, 08 Februari 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib Miljan Radovic ‏. (Eneng Reni/ayobandung)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Dalam pertandingan dengan sistem gugur berformat home away, laiknya turnamen Piala Indoensia, pemenang akan ditentukan melalui agregat atau akumulasi skor dari dua laga (home and away) yang dilakoni kedua kesebelasan. 

Andaikata agregat tetap sama kuat, maka pertandingan biasanya berlanjut ke babak perpanjangan waktu hingga adu penalti, atau langsung adu penalti, tergantung aturan dari turnamen tersebut. 

Namun dalam format pertandingan home and away, gol tandang pun akan memengaruhi. Semisalnya, jika pertandingan leg dua antara Persib kontra Persiwa berakhir imbang 1-1 (0-0), maka Persiwa akan keluar sebagai pemenang karena punya keunggulan gol tandang dari Persib. Namun bila tetap 0-0 maka akan dilanjut ke babak drama adu penalti atau perpanjangan waktu. 

Menyikapi situasi tersebut, Pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic enggan ambil pusing pasalnya skuat Maung Bandung berhasrat ingin meraih kemenangan di leg tersebut. Alhasil, kata Radovic, anak asuhnya tidak akan memberi kesempatan Persiwa untuk mendapatkan adu pinalti dalam pertandingan leg kedua di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (11/2/2019) nanti.

"Tidak pikir untuk itu. Saya tidak konsentrasi untuk penalti itu, kita ingin menang di 90 menit. Dan kita pasti menang," tegas Radovic usai latihan di Lapangan ITB Sabuga, Jumat (8/2/2019).

Meski begitu, posisi Maung Bandung memang belum aman untuk mendapatkan tiket ke babak 16 besar, menyusul hasil imbang 0-0 yang diraih pada pertandingan leg pertama, di Stadion Wijayakusuma, Cilacap, 27 Januari lalu. 

Hasil tersebut membuat skuat Pangeran Biru wajib menang atas Persiwa, minimal dengan skor 1-0, jika ingin melaju ke babak selanjutnya. 

Sementara itu, pertandingan leg kedua ini pun diprediksi tidak akan mudah bagi Persib. Pasalnya, Persiwa punya potensi kembali menyulitkan Maung Bandung di leg kedua nanti. Apalagi tim Badai Pegunungan juga punya ambisi untuk terus melaju di turnamen domestik itu. 

"Makanya akan selalu ada rotasi, perubahan tim dari kemarin. Untuk Senin akan ada beberapa pemain baru yang belum bermain lawan Wamena di leg pertama. Kita terus lakukan rotasi pemain, kita akan coba beberapa pemain," tandas Radovic.
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar