Yamaha Lexi

DPRD Jabar Dukung Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks

  Kamis, 07 Februari 2019   Dadi Haryadi
Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari menghadiri sosialisasi dan deteksi dini kanker serviks yang merupakan program dari Organisasi Aksi Solidaritas (Oase) Kabinet Kerja, di PT Kahatex, Sumedang, Kamis (7/2/2019). (Dok Humas DPRD Jabar)

SUMEDANG, AYOBANDUNG.COM--DPRD Provinsi Jawa Barat mengapresiasi program dari Organisasi Aksi Solidaritas (Oase) Kabinet Kerja dalam sosialisasi pencegahan dan deteksi dini kanker serviks.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari mengatakan program yang diinisiasi oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, dan istri menteri Kabinet Kerja berkaitan dengan pencegahan dan deteksi dini kanker serviks sangat bermanfaat khususnya bagi kalangan perempuan di Jawa Barat.

“Kami (DPRD-red) mendukung untuk sosialisasi ini yang memang sasaran dari program ini adalah kalangan perempuan,” ujar Ineu di Sumedang, Jawa Barat, Kamis (7/2/2019).

Politisi perempuan dapil Sumedang, Majalengka dan Subang (SMS) itu menyebutkan, pekerja di Jawa Barat didominasi oleh perempuan. Sebagai gambaran di PT Kahatex, jumlah karyawan sebanyak 55 ribu sebagian besarnya perempuan.

AYO BACA : DPRD Jabar Peringkat Pertama Penyerap Anggaran 2018

Menurutnya, berdasarkan data dari Kemenaker bahwa, perempuan rentan terhadap kanker servik jika tidak menerapkan lingkungan yang bersih. “Karena itu, perlu dorongan dari pemerintah daerah untuk meneruskan sosialisasi ini di daerah kabupaten kota lainnya,” katanya.

Sementara itu, dalam acara tersebut, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Organisasi Aksi Solidaritas (Oase) Kabinet Kerja mensosialisasikan deteksi dini kanker melalui IVA Test. Sebanyak 3.000 pekerja wanita di Sumedang mengikuti pemeriksaan yang bisa mendeteksi kanker mulut leher rahim tersebut. Acara digelar di PT Kahatex.

Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla bersama rombongan para istri menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Oase melakukan sosialisasi pencegahan dan deteksi dini kanker bagi pekerja wanita. Acara berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Anggota Pengurus Oase, Marifah Hanif Dhakiri mengatakan Oase dan Kemenaker melakukan tes IVA sebagai bagian dari pencegahan dan deteksi dini kanker mulut leher rahim bagi para perempuan.

AYO BACA : Tingkatkan Kapabilitas Jelang Pemilu 2019, DPRD Jabar Gelar Workshop

"Kita ingin menyehatkan para pekerja perempuan Indonesia. Agar mereka lebih sehat sehingga produktivitas pun meningkat," katanya saat memberi sambutan di pemeriksaan IVA Test di PT Kahatex, Sumedang. 

Marifah mengatakan, penciptaan tenaga kerja yang produktif merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah saat ini. Produktivitas merupakan salah satu faktor penting yang menentukan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

"Rendahnya status kesehatan tenaga kerja dapat berdampak pada menurunnya produktivitas kerja, kemudian mengakibatkan terjadinya tingkat upah rendah," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, kegiatan ini diharapkan dapat membantu para pekerja perempuan untuk meningkatkan status kesehatannya dalam mencegah dan mendeteksi secara dini terjadinya kanker mulut leher rahim.

Data Kemenaker mencatat sejak tahun 2015 sampai Juli 2018, telah dilakukan pemeriksaan IVA terhadap 15.225 orang pekerja perempuan. Dalam setiap kegiatan dilakukan sosialisasi dan pemeriksaan IVA serta pemberian vitamin.

Marifah melanjutkan, selain pencegahan kanker leher rahim Oase juga mengkampanyekan gerakan cuci tangan bersih. Hal ini didasari karena kesadaran mencuci tangan belum meluas di Indonesia. Selain itu Oase juga mensosialisasikan tentang bagaimana mengolah sampah lingkungan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

"Bagaimana kita membiasakan diri hidup sehat jika sampah disekitar kita juga tidak terurus," katanya.

AYO BACA : Ketua DPRD Jabar Dinobatkan sebagai Champion Gender 2018

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar