Yamaha Mio S

Cara Ridwan Kamil Kembangkan Strategi Ekonomi di Jabar

  Kamis, 07 Februari 2019   Erika Lia
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memberi sambutan saat Musprov VII Kadin Jabar di Hotel Aston Kabupaten Cirebon, Kamis (7/2/2019). (Erika Lia)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM--Seluruh industri padat karya se-Jawa Barat akan dipusatkan di segitiga emas Kertajati-Patimban-Cirebon. Pengusaha yang tergabung Kamar Dagang dan Industri atau Kadin bakal diutamakan.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengungkapkan, tiga daerah yang dideklarasikan sebagai segitiga emas Jabar tersebut akan menjadi pusat pertumbuhan masa depan Jabar. Agar tak terpencar, semua industri padat karya akan dipusatkan di tiga daerah itu.

"Hari ini banyak industri padat karya yang pindah karena urusan upah. Kita (Pemprov Jabar) tahan supaya tidak pindah ke Jawa Tengah dan Vietnam dengan menyediakan tempat yang cocok dan memadai di zona (segitiga emas) ini," paparnya gubernur yang akrab disapa Emil ini seusai menghadiri Musyawarah Provinsi (Musprov) VII Kadin Jabar di Hotel Aston, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Kamis (7/2/2019).

Kawasan segitiga emas bahkan dijanjikan Emil sebagai wilayah paling maju, futuristik, dan luar biasa, se-Jabar. Selain pengembangan tiga daerah ini, pembangunan infrastruktur di daerah lain se-Jabar juga akan dimaksimalkan.

AYO BACA : Kadin: Dunia Usaha Perlu Solusi Konkret

Emil menyebut sejumlah proyek infrastruktur yang akan dikerjakan itu, di antaranya bandara-bandara baru di Sukabumi, Tasikmalaya, dan Pangandaran, jalur kereta api, dan lainnya. Menurutnya, pembangunan infrastruktur akan melengkapi kekuatan Jabar.

"Secara umum, Jabar juara. Pertumbuhan ekonominya baik dengan realisasi investasi Rp116 triliun," ujarnya.

Pembahasan pengembangan kawasan segitiga emas tersebut dilakukan semester ini. Tata ruangnya pun, dikatakan Emil, tengah didesain agar menjadi contoh pertumbuhan yang sangat baik.

Untuk ini, Pemprov Jabar pun menggendeng Kadin sebagai mitra. Emil menjamin, semua peluang ekonomi di Jabar akan didahulukan kepada pengusaha-pengusaha yang tergabung dalam Kadin Jabar melalui program Saudagar Jabar.

"Program Saudagar Jabar merupakan komitmen kami agar peluang-peluang ekonomi di Jabar didahulukan kepada pengusaha-pengusaha di Kadin Jabar. Kalau tak ada, baru kami 'lempar' ke pihak lain," tuturnya.

AYO BACA : 3 Kandidat Perebutkan Kursi Ketua Kadin Jabar 2019-2024

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar