Yamaha Lexi

Faktor Genetik Bisa Sebabkan Susah Bangun Pagi

  Rabu, 06 Februari 2019   Anya Dellanita
(Pixabay.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Tak sedikit orang yang sulit bangun pagi. Banyak yang menyangka kalau penyebabnya adalah rasa malas, namun ternyata hal ini bisa disebabkan oleh faktor genetik.

Dilansir dari South China Morning Post, Rabu, (6/2/2019), hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian. Studi ini menganalisis informasi genetik yang dikumpulkan lewat tes DNA dari situs 23andMe dan "biobank" Inggris untuk mengetahui hubungan antara faktor genetis dan jam tidur seseorang.

AYO BACA : Orang Tua Bangun Tidur Lebih Pagi, Anak Muda Bangun Tidur Lebih Siang. Kenapa?

"Studi ini penting karena bisa mengkonfirmasi preferensi setiap orang, berdasarkan faktor genetisnya," kata profesor pemimpin penelitian dari University of Exeter Medical School in Britain, Michael Weedon.

Sebelumnya, diketahui ada 24 gen yang mempengaruhi jam tidur. Namun, studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications ini menemukan ada 327 gen tambahan yang turut berperan.
Hasilnya, faktor genetik dinilai dapat mempengaruhi jam bangun dan tidur seseorang hingga 25 menit.

AYO BACA : 5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari

Selain itu, para peneliti juga menguji teori jangka panjang soal pengaruh pola tidur terhadap penyakit tertentu. Para peneliti juga menganalisa hubungan antara gen "pagi" dan "malam" dengan sejumlah penyakit.

Hasilnya ditemukan bahwa gen "pagi" yang tidur dan bangun lebih awal memiliki kecenderungan depresi dan skizoferia lebih rendah. Walaupun begitu, Weedon mengakui temuan ini masih belum jelas apakah hal ini terkait dengan gen "morning person" ataukah dengan jam kerja 9-5.

Para peneliti berencana untuk meneliti lebih lanjut apakah orang-orang yang memiliki gen malam memberikan hasil lebih buruk dibanding gen pagi. Penelitian lebih lanjut ini dibutuhkan untuk melihat kecocokan gen dengan gaya hidup mereka.

"Misalnya, apakah pemilik gen malam namun harus rutin bangun pagi cenderung mengalami obesitas dan diabetes atau tidak," tuturnya.

AYO BACA : Lima Penyebab Bangun Tidur Malah Terasa Lelah

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar