Yamaha Aerox

Tips Cegah Berat Badan Naik Usai Imlek

  Selasa, 05 Februari 2019   Anya Dellanita
(Pixabay.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Sebagaimana perayaan tahun baru, pasti banyak makanan yang mengundang selera. Tambahan berat badan bukan satu hal yang mustahil. Tapi kalau kita pintar-pintar mengatur pola makan jangan khawatir timbangan naik drastis.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (5/2/2019) ini lho tips cegah BB naik pasca Imlek.

1. Makanlah buah sebelum ngemil
Jeruk mandarin bisa jadi salah satu pilihan tepat sebelum menyantap tart nanas. Buah ini mengandung vitamin C yang dapat membuatmu kenyang lebih lama, sehingga bisa mengurangi asupan makanan ringan sarat gula.

2. Beri batasan pada diri sendiri
Batasi asupan camilanmu. Misalnya, cobalah untuk tidak makan lebih dari lima potong camilan per hari.

AYO BACA : Makna Mi dalam Perayaan Imlek

Gunakan piring atau mangkuk kecil untuk berbagi makanan pada kerabar dan cobalah untuk tidak makan makanan yang sama dua kali. Memilih piring kecil bisa membantumu untuk makan lebih sedikit karena memberi kesan makanan terlihat besar.

3. Makan perlahan
Dengan makan perlahan, dipastikan kamu tidak akan makan berlebihan. Selain itu, kamu juga punya lebih banyak waktu untuk mengobrol dengan kerabat yang mungkin hanya bertemu setahun sekali.

4. Hindari berkunjung dengan perut kosong
Cara ini dapat membantumu menghindari camilan dan kue kering tinggi kalori. Sebaiknya makanlah makanan ringan seperti roti gandum utuh dengan segelas susu atau yoghurt dengan buah segar sebelum berkunjung ke rumah kerabat.

5. Minumlah dengan bijak
Jika kamu pikir memilih minum daripada ngemil bisa mengurangi berat badan, pikirkan lagi. Minuman 250 ml dengan pemanis mengandung sebanyak 5,5 sendok teh gula lho, setengah dari batas asupan gula yang direkomendasikan ahli kesehatan.

AYO BACA : Kuliner Imlek dan Kemeriahan Lainnya Pasar Imlek Fave Hotel Hyper Square

Pilihalah minuman rendah gula yang mengandung setidaknya 2,5 persen lebih sedikit gula daripada minuman manis lainnya. Minum air putih lebih baik lagi.

6. Hitung kalori
Utamakan kualitas, bukan kuantitas. Dibanding mencicip semua makanan, pilihlah 3-5 makanan favorit atau sesuatu yang tidak bisa kamu makan tiap hari. Selain itu, ambilah porsi kecil, apalagi makanan seperti tart memiliki kalori lebih banyak daripada makanan lain.

7. Gunakan bahan alami untuk bumbu hidangan
Jika menjadi tuan rumah, gunakanlah bahan-bahan bergizi. Gunakan rempah-rempah, jus lemon, atau buah-buahan tanpa atau sedikit gula dan garam di dalamnya. Misalnya, tambahkan buah segar untuk tart nanas, selain menambah varian rasa, kalori juga lebih sedikit.

8. Siapkan makanan dengan cara masak sehat
Untuk mengurangi konsumsi kalori, pakailah minyak lebih sedikit dari biasanya. Lalu, gantilah makanan olahan seperti bakso dan sosis dengan bahan-bahan yang lebih fresh, misalnya ikan segar dan sayuran.

Kamu juga bisa mengganti kaldu siap saji yang mengandung natrium cukup tinggi dengan kaldu buatan sendiri. Caranya rebus daging tanpa lemak dengan kol putih, wortel, dan jagung.

AYO BACA : Fakta Menarik Imlek, Dilarang Mencuci dan Buang Sampah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar