Yamaha Lexi

Seroja Asia, Tempat Nongkrong Instagramable Bernuansa Oriental

  Senin, 04 Februari 2019   Fathia Uqimul Haq
Suasana oriental di Restoran Seroja Asia, Jalan Purwakarta, No 13, Antapani. (Fathia Uqimul /ayobandung.com)
ANTAPANI, AYOBANDUNG.COM -- Suka nuansa dan hidangan Asia? Jika ya, Anda perlu mengunjungi destinasi kuliner yang satu ini, Seroja Asia. Berlokasi di Jalan Purwakarta, No.13, Antapani, Kota Bandung, Seroja Asia menjadi tempat baru yang cocok untuk nongkrong sembari mengabadikan diri dalam foto di berbagai sudutnya yang sangat instagramable
 
Nama Seroja Asia diambil dari nama bunga Seroja yang khas di Asia. Restoran ini menawarkan tema Asia yang bisa dilihat dari desain interior dan sajian menunya. 
 
Pemilik Seroja Asia, Alan Okadenan (33 tahun), mengatakan restorannya sengaja dibuat berbeda dari yang lain. Tidak hanya dari segi makanan, Seroja Asia juga mendesain restorannya dengan suasana Asia dan oriental. 
 
"Konsepnya bertema Asia, baik tempat, menu makanan juga kami cirikan khas Asia," ujar Alan, saat ditemui ayobandung.com, pada Senin (4/2/2019). 
 
Menurutnya, Seroja Asia menggambarkan suasana Jepang, Cina, Singapura, Thailand, dan Indonesia. Terlihat banyak unsur merah, hijau, merah muda, dan putih, yang berpadu di setiap sudutnya. Kesan jadul diberikan juga oleh restoran ini, yang terlihat dari lapisan dinding keramiknya.
 
"Jadi ada ciri khas Jepang, Chinese, juga," ungkap Alan. 
 
Sejumlah pajangan khas oriental banyak dipamerkan di Seroja Asia, seperti mangkuk, guci, lampion, dan ornamen lainnya seperti poster Jepang. Suasana itu membuat pengunjung seperti berada di negara lain. 
 
Salah satu ornamen yang sering menjadi daya tarik para pengunjung di restoran ini adalah lampu LED merah yang membentuk huruf Mandarin. Biasanya, sudut tempat lampu itu berada, akan menjadi tempat yang paling dituju para pengunjung.
 
"Lampu gantung juga kita taruh di beberapa sudut, warna temaran kuning, dan dominannya merah ya lampu LED ini, supaya ada kesan oriental juga," jelasnya.  
 
Secara sederhana, Seroja Asia menaruh kursi dan meja yang berbeda bentuk, tetapi tetap tertata rapi. Dengan demikian tamu dapat merasa nyaman untuk berlama-lama di sana. 
 
"Sengaja konsep itu kami hadirkan supaya pengunjung bisa tertarik dan tidak bosan dengan kafe atau resto yang banyak hadir di  Bandung. Makanya Seroja Asia tampil klasik vintage, harapannya ngikutin tren, orang nyangka foto kayak di luar negeri," tambah Alan. 
 
Untuk menu makanannya, Seroja Asia menawarkan makanan utama di dalam hot plate, aneka minuman, dan bahkan camilan. Pengunjung bisa memilih nasi dengan daging sapi, ayam, ikan dori, atau sayap ayam yang dilengkapi dengan berbagai macam saus andalan restoran.
 
Alan mengatakan, Seroja Asia memiliki  tujuh saus pada setiap menu yang disuguhkan, yaitu saus barbeque Chinese, saus rendang, saus kari Jepang, saus Singapur, sambal embe (golden matah) khas Bali, dan saus telur asin (salted egg). Semua menunya  tersaji dengan sayuran dan telur di atas hot plate
 
"Sajian menu utama dihidangkan pada wadah hot plate berbahan baja hitam," katanya. 
 
Menu andalan lainnya adalah roti John ala Singapura. Dengan harga mulai dari Rp 37 ribu, roti yang panjangnya 40 cm itu bakal menemani nongkrong Anda di Seroja Asia.
 
Tak kalah dengan kedai-kedai kopi yang banyak menjamur di Kota Bandung, Seroja Asia juga menyediakan kopitiam yang dibuat dengan teknik tarik. Teknik tarik ini diadopsi dari metode ala kopitiam asal Malaysia dan Singapura.
 
"Karena Metodenya berbeda, makanya rasanya  juga akan berbeda," jelas Alan.
 
Harga menu di Seroja Asia cukup terjangkau, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 48 ribu. Para pengunjung tidak perlu khawatir kantong jebol karena seluruh menunya berharga di bawah Rp 50 ribu. Seroja Asia beroperasi dari pukul 11.30 WIB sampai pukul 22.00 WIB.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar