Yamaha NMax

Vihara Dharma Ramsi Nyalakan 200 Lilin Saat Imlek

  Senin, 04 Februari 2019   Fira Nursyabani
Pekerja saat menyelesaikan pembuatan lilin Imlek di Vihara Dharma Ramsi, Astanaanyar, Kota Bandung, Selasa (8/1/2019). (Irfan Al-Faritsi/ayobandung.com)

ASTANAANYAR, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 200 lilin berbagai ukuran akan dinyalakan di Vihara Dharma Ramsi yang terletak di Jalan Cibadak, Kota Bandung. Lilin-lilin tersebut akan dinyalakan saat malam perayaan tahun baru Imlek 2570 yang jatuh pada Selasa (5/2/2019).

"Lilin tersebut akan dinyalakan tepat pada tengah malam nanti. Lilin-lilin itu terdiri dari 30 lilin dengan ukuran besar dan sisanya berukuran sedang," kata pengurus Vihara Dharma Ramsi Bandung, Darmawan Asikin, kepada Antara pada Senin (4/2/2019).

Dia menjelaskan, jumlah lilin itu disesuaikan dengan luas vihara. Secara keseluruhan, tambah Darmawan, perayaan Imlek di tahun ini di Vihara Dharma Ramsi tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tidak ada perbedaan dari setiap perayaan. Sama saja ya, cuma kemarin mungkin lilin paling besarnya ada 50, sekarang paling 30. Dari 50 itu yang 20-nya pindah ke yang 100, jadi sama aja sebenarnya," kata dia.

Terkait dengan Kirab Cap Go Meh, Asikin mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari para petinggi kepengurusan Vihara Dharma Ramsi Kota Bandung.

"Untuk Cap Go Meh-nya sudah ada tanggal 15 ini. Tapi keluar enggak, itu saja. Kita harus ada izin dari kelurahan, camat, kepolisian," ujar Darmawan.

Pada perayaan Imlek tahun ini, ia berharap Indonesia bisa menjadi negara yang lebih baik, begitu juga dengan kehidupan masyarakatnya yang diharapkan bisa lebih sejahtera.

"Beberapa ratus tahun lalu sudah ada empat huruf di depan (vihara, red.) itu. Negara aman, rakyat sejahtera. Itu sejak dulu juga seperti itu. Harapannya ya negara aman, rakyat sejahtera udah itu aja," ungkapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar