Yamaha Lexi

Arkeolog Mesir Temukan 50 Mumi

  Senin, 04 Februari 2019   Andres Fatubun
Temuan mumi di Tuna El-Gebel. (Reuters)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Para arkeolog Mesir berhasil menemukan sebuah makam berisi 50 mumi yang berasal dari era Ptolemaic  (323-30 SM), di Minya, selatan Kairo. Hal tersebut disampaikan Kementerian Barang Antik baru-baru ini.

Mumi-mumi itu, 12 di antaranya adalah anak-anak, ditemukan di dalam empat ruang penguburan sedalam sembilan meter di situs arkeologi Tuna El-Gebel. Identitas mumi masih belum diketahui, kata Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mesir

"Kami belum menemukan nama yang ditulis dalam hieroglif," katanya. Berdasarkan metode mumifikasi, individu-individu yang jasadnya ditemukan sampai batas tertentu memegang posisi penting atau bergengsi.

AYO BACA : Wanita ini Berpacaran dengan Pesawat Selama 5 Tahun

Mostafa juga mengatakan, kamar-kamar yang terbuat dari batu itu pasti milik keluarga kelas menengah ke atas. Beberapa dihiasi dengan tulisan tangan demotik, suatu bentuk tulisan Mesir kuno yang digunakan oleh orang biasa. Lainnya yang ditemukan juga tembikar, papirus, dan mumi lain.

Beberapa mumi ditemukan terbungkus linen sementara yang lain ditempatkan di peti mati batu atau sarkofagus kayu.

Temuan arkeologis ini adalah yang pertama pada tahun 2019 dan digali melalui misi bersama dengan Pusat Penelitian untuk Studi Arkeologi Universitas Minya.

Mesir berhasil melakukan penemuan arkeologis baru-baru ini. Mereka berusaha keras mempromosikan wisata guna menghidupkan kembali industri pariwisata mereka. (Wildan Aulia Nugraha)

AYO BACA : Tato Tertua di Dunia Ditemukan pada Mumi Berusia 5.000 Tahun

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar