Yamaha Lexi

Musisi Indonesia Ramai-ramai Tandatangani Petisi Tolak RUU Permusikan

  Senin, 04 Februari 2019   Fira Nursyabani
Poster Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan (change.org)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Musisi Indonesia beramai-ramai menandatangani petisi untuk menolak rancangan undang-undang (RUU) Permusikan yang wacananya saat ini tengah digulirkan di DPR. Petisi yang dibuat di situs change.org itu digagas oleh penyanyi muda Danilla Riyadi dan ditujukan kepada DPR.

"Saya Danilla Riyadi, perwakilan dari teman-teman Koalisi Nasional Tolak Rancangan Undang-Undang Permusikan, bersama-sama menyusun petisi ini," tulis Danilla dalam situs tersebut.

Danilla mengungkapkan, RUU Permusikan yang diusulkan oleh Anang Hermansyah dan anggota Komisi X DPR memiliki 19 pasal bermasalah di dalamnya, yakni pasal 4, 5, 7, 10, 11, 12, 13, 15, 18, 19, 20, 21, 31, 32, 33, 42, 49, 50, 51. Selain itu terdapat banyak pasal yang tumpang tindih dengan beberapa Undang-Undang lainnya; seperti Undang-Undang Hak Cipta, Undang-Undang Serah-Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, dan Undang-Undang ITE.

RUU ini juga dianggap bertolak belakang dengan Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan, serta bertentangan dengan Pasal 28 UUD 1945 yang menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam negara demokrasi. "Sungguh Rancangan Undang-Undang yang sangat bermasalah bagi dunia musik tanah air," ujar Danilla.

Koalisi Nasional yang terdiri dari banyak musisi ini bersepakat, tidak ada urgensi apapun bagi DPR dan pemerintah untuk membahas dan mengesahkan RUU Permusikan. RUU itu dinilai justru akan membatasi dan menghambat proses kreasi, serta merepresi para pekerja musik di tanah air.

Petisi penolakan ini mendapatkan dukungan sejumlah musisi, salah satunya vokalis grup band Gigi, Arman Maulana. "Karena senjata terbaik musisi untuk mengkritik adalah lirik!" tulis Arman, dalam kolom komentar petisi.

Menurut pantauan ayobandung.com pada Senin (4/2/2019), petisi tolak RUU Permusikan ini sudah mendapatkan lebih dari 55 ribu tandatangan. Petisi tersebut akan mengumpulkan sampai 75 ribu tandatangan.

Penolakan RUU Permusikan juga disampaikan para musisi dan warganet di jejaring sosial Twitter. Dengan tanda pagar (tagar) #TolakRUUPermusikan, mereka menyuarakan ketidaksetujuan terhadap rancangan aturan itu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar