Yamaha

Membongkar 5 Mitos Soal Jerawat, dari Makeup Hingga Cokelat

  Minggu, 03 Februari 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi. (Pixabay)

AYO BACA : Tips Makeup Natural ala Gadis Korea

AYO BACA : Tips Memilih Produk Make Up yang Aman

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Jerawat telah menjadi masalah kulit yang paling sering dialami oleh banyak orang dari berbagai usia. Cara menghadapinya pun perlu berbagai metode dan tak jarang metode-metode itu justru hanya membuat jengkel.

Ada beberapa mitos yang beredar tentang jerawat dan tak jarang yang berujung salah kaprah. Dilansir dari Boldsky, Minggu (3/2/2019), ayobandung.com merangkum lima mitos paling umum soal jerawat yang perlu Anda simak.

1. Tidak boleh memakai makeup saat berjerawat

Anggapan bahwa menggunakan makeup bisa menambah peradangan jerawat ternyata tidak sepenuhnya benar. Peralatan makeup, bila cocok dengan wajah, tidak akan secara langsung menimbulkan jerawat.

Meski demikian, tumbuhnya jerawat tetap bisa dipicu oleh makeup, terutama jika produk perawatan wajah yang digunakan tidak cocok atau telah kedaluwarsa.

2. Sering mencuci muka bantu hilangkan jerawat

Mitos ini adalah mitos yang mungkin kerap Anda dengar, tapi sebenarnya salah. Justru terlalu sering mencuci muka ternyata bisa memperparah jerawat.

Kulit kita selama ini selalu memproduksi minyak alami dan sering mencuci muka akan menyingkirkan minyak alami tersebut. Dengan demikian wajah akan menghasilkan lebih banyak lagi minyak alami.

3. Hanya remaja yang akan berjerawat

Remaja memang lebih rentan terkena jerawat, tetapi ternyata tidak benar jika hanya remaja yang bisa mengalaminya. Remaja diketahui banyak mendapat masalah jerawat karena tengah mengalami perubahan hormon tertentu.

Pada saat yang sama, perempuan dewasa juga menghadapi perubahan hormon selama siklus menstruasi, menopause, dan kehamilan. Perubahan tersebut juga dapat menyebabkan jerawat. Studi menunjukan, hampir semua perempuan berusia antara 20 hingga 29 tahun bisa terkena jerawat

4. Memencet jerawat bisa menghilangkannya

Jerawat yang sudah matang dan membesar kerap kali memicu kita untuk memencetnya. Namun, hal tersebut sebenarnya bisa membuat kulit iritasi.

Memencet jerawat sendiri, apalagi dengan tangan kotor, bahkan dapat memunculkan inflamasi dan memperperah kondisi jerawat. 

5. Cokelat dapat menimbulkan jerawat 

Mitos ini tidak sepenuhnya benar. Bukan kandungan kakao yang memperburuk jerawat, tetapi gula dan susu yang terkandung dalam cokelat. 

Alternatif yang aman untuk tetap bisa mengonsumsi cokelat adalah dengan beralih ke cokelat hitam (dark chocolate). Cokelat hitam memiliki persentase kakao yang lebih tinggi dan indeks glikemik yang lebih rendah. Cokelat jenis ini tidak akan menyebabkan jerawat atau memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada.

AYO BACA : Tren Make Up 2019 ala Andira Hadley

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar