Yamaha NMax

Kualitas Segel Kotak Suara Pemilu 2019 Mencemaskan

  Sabtu, 02 Februari 2019   Erika Lia
Bawaslu Jabar dan Bawaslu Kabupaten Cirebon meninjau kondisi logistik Pemilu 2019 di gudang penyimpanan KPU Kabupaten Cirebon di Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Sabtu (2/2/2019).(Erika Lia)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM-- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat mencemaskan kualitas segel kotak suara dan merekomendasikan penggantian.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jabar, Zaki Hilmi mengungkapkan, kualitas segel kotak suara menjadi salah satu potensi kendala dalam pelaksanaan Pemilu 2019 pada April nanti.

"Segel kotak suara tidak bagus, terlalu tipis," tuturnya seusai meninjau logistik pemilu di gudang penyimpanan KPU Kabupaten Cirebon di Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Sabtu (2/2/2019).

Segel yang dinilai terlalu tipis dikhawatirkan akan membuatnya mudah sobek dan kualitas cetakannya mudah luntur. Keamanan dokumen dalam kotak suara sendiri ditentukan kualitas segel.

Kondisi segel semacam itu, katanya, ditemukan pula di hampir seluruh daerah se-Jabar selama monitoring yang dilakukan sejak 29 Januari 2019. Atas temuan itu, pihaknya merekomendasikan penggantian segel.

"Kami rekomendasikan untuk wilayah Jabar diganti saja agar tak muncul masalah," cetusnya.

Selain kondisi segel, persoalan logistik lainnya yang ditemukan Bawaslu Jabar berupa jumlah kotak dan bilik suara yang kurang. Kekurangan itu terjadi akibat jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pun bertambah.

"Kami juga masih menemukan sampul yang tak tercetak. Tapi, itu merupakan kelalaian pihak pelaksana pekerjaan," tandasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar