Yamaha Lexi

Ridwan Kamil Hibahkan Rp100 Juta untuk Perpustakaan Ajip Rosidi

  Kamis, 31 Januari 2019   M. Naufal Hafiz
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Eneng Reny/Ayobandung.com)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghibahkan Rp100 juta untuk Perpustakaan Ajip Rosidi. Hal itu dikatakannya saat memberi sambutan dalam acara syukuran Milangkala Ajip Rosidi 81 Tahun dan Pengumuman Hadiah Sastera Rancage 2019, di Gedung Kesenian Sunan Ambu, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Kamis (31/1/2019).

“Dalam rangka ulang tahun ini (Ajip Rosidi), saya memberi hadiah dana hibah sebesar 100 juta rupiah untuk perpustakaan Ajip Rosidi. Mudah-mudahan bisa maksimal,” ujarnya.

Ridwan Kamil mengatakan, dalam cetak biru Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pembangunan tidak hanya fokus pada insfrastruktur seperti jalan dan jembatan, tapi juga investasi rasa, estetika, dan budaya.

Salah satu contoh yang telah dilakukan Ridwan Kamil yaitu mengadakan program Jabar Masagi.

“Kami menambahkan kurikulum sekolah dengan program Jabar Masagi yang mengandung pendidikan karakter,” ungkap Emil, sapaan akrabnya.

AYO BACA : 4 Penulis Terima Hadiah Sastera Rancage 2019

Emil menambahkan, siswa di Jawa Barat harus sehat lahir dan batin. Dengan begitu, tidak ada anak yang pintar tapi jahat. “Dan tidak ada anak yang pintar tapi julid,” katanya.

Program lain yang telah dibuat Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu Kotak Literasi Cerdas (Kolecer).

Kolecer merupakan wujud inovasi agar masyarakat terpancing untuk gemar membaca.

Kotak buku ini dikonsep berwarna-warni. Setiap Kolecer dilengkapi kursi untuk tempat membaca. Siapa pun dapat membaca buku secara gratis, termasuk ikut berpartisipasi menyumbangkan buku untuk disimpan di Kolecer.

Selain itu, buku-buku pemenang hadiah rancage 31 tahun akan dibeli oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk program literasi.

“Saya pamit, Kang Ajip, buku-buku Rancage 31 tahun kami beli. Kami akan sebarkan ke perpustakaan-perpustakaan di seluruh Jawa Barat,” ujar Emil.

AYO BACA : Sastera Rancage 2019, Abrory: Bayangkan Jika Jawa Barat Tanpa Ajip Rosidi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar