Yamaha Lexi

DPMD Ingatkan Kades Tidak Terlibat Kampanye Pileg dan Pilpres

  Kamis, 31 Januari 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi. (pixabay.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung mengingatakan kepala desa untuk tidak terlibat dalam kampanye Pileg dan Pilpres. Apalagi, menggunakan program pemerintah untuk kepentingan politik.

Kepala DPMD Kabupaten Bandung, Tata Irawan Sobandi mengatakan vonis penjara yang dijatuhkan oleh majelis hakim kepada Kades Mangun Harja, Kecamatan Ciparay, Ohan Sopian harus menjadi pelajaran bagi Kades lain untuk tidak terlibat dalam kampanye.

"Kami sudah berkali-kali menyampaikan imbauan kepada para pejabat baik kepala desa maupun di pemda agar tidak masuk di arena itu (pilpres), kan sudah jelas aturannya dan undang-undangnya," tutur Tata, Kamis (31/1/2019).

Terkait kasus yang menimpa Ohan, walaupun hukuman yang dijatuhkan masih percobaan, namun DPMD masih menunggu putusan inkrah. Pasalnya, baik terdakwa maupun Jaksa, masih pikir-pikir.

Dengan demikian, masih ada potensi adanya kekosongan jabatan, seperti jika dilakukan banding dan pengandilan memutuskan hukuman bersifat tetap (bukan percobaan). DPMD akan terus memantau perkembangan kasus tersebut. Salah satunya adalah menyiapkan penjabat kepala desa.

"Ya begini, kita lihat masa jabatannya berapa lama lagi dan akan melihat ketentuannya. Kalau sudah ada keputusan inkrah kami akan mengambil langkah-langkah. Apakah nanti akan diikutkan di pilkades serentak atau menunjuk penjabat.  Biasanya menunjuk pejabat kepala desa," katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar