Yamaha Mio S

Kampanyekan Caleg, Seorang Kepala Desa di Kabupaten Bandung Dipenjara 3 Bulan

  Kamis, 31 Januari 2019   Mildan Abdalloh
Majelis Hakim dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Bale Bandung, Kamis (31/1/2019), memutuskan Kepala Desa Mangun Harja, Ohan Sopian bersalah karena telah melakukan kampanye salah seorang caleg Golkar pada Desember lalu.(Mildan/ayobandung.com)

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM--Seorang kepala desa di Kabupaten Bandung diganjar kurungan tiga bulan penjara dan denda Rp4 juta karena terbukti melakukan tindak pidana pemilu.

Majelis Hakim dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Bale Bandung, Kamis (31/1/2019), memutuskan Kepala Desa Mangun Harja, Ohan Sopian bersalah karena telah melakukan kampanye salah seorang caleg Golkar pada Desember lalu.

"Menjatuhkan hukuman dengan pidana penjara tiga bulan dan denda Rp4juta dengan ketentuan jika denda tidak dibayar akan diganti oleh kurungan satu bulan penjara," ujar Ketua Majelis Hakim Itong Isnaeni dalam sidang.

Hukuman tersebut lebih berat dibandingkan dengan tuntututan jaksa dengan kurungan dua bulan dan denda Rp2juta.

Namun, kata Itong, putusan tersebut sebagai pendidikan bagi terdakwa untuk tidak mengulang perbuatan serupa dikemudian hari.

"Khusus pidana penjaranya tidak perlu dijalani, dalam masa percobaan enam bulan," ujarnya.

Ohan dijerat Pasal 290 juncto 282 Undang-undang RI Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Dia terbukti bersalah karena melakukan kampanye terhadap caleg Golkar dengan memanfaatkan bantuan pengan non-tunai (BNPT).

Kampanye tersebut dilakukan pada 3 Desember 2018 ketika proses pembagian BNPT kepada masyarakat Desa Mangun Harja. Ohan menempelkan stiker caleg dalam karung beras BNPT.

Seorang warga melaporkan dugaan pelanggaran pemilu tersebut kepada Bawaslu Kabupaten Bandung dan ditindaklanjuti di sentra gakumdu.

Ohan sempat masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Bandung karena mangkir saat dipanggil untuk dimintai keterangan. Namun, dia kemudian menyerahkan diri setelah lari selama kurang lebih 12 hari.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar