Yamaha Lexi

KULINER BANDUNG: Oseng Cumi Extra L Buat Pencinta Pedas dan Petai

  Kamis, 31 Januari 2019   Fathia Uqimul Haq
Oseng Cumi Extra L di Sudirman Street. (Fathia Uqimul Haq/Ayobandung.com)

ASTANA ANYAR, AYOBANDUNG.COM--Pelancong dan penikmat kuliner jangan sampai ketinggalan menyusuri wisata kuliner hits di Bandung, yakni Sudirman Street. Kawasan kuliner yang menembus Jalan Cibadak dan Jalan Sudirman ini memang dipenuhi oleh berbagai gerai makanan. Mulai dari makanan cina, seafood, masakan khas Sunda, sampai berbagai minuman.

Apalagi bagi para pencinta kuliner yang menyukai makanan pedas. Pasalnya, di Sudirman Street terdapat salah satu gerai yang menyajikan masakan pedas dengan kuah yang gurih. Gerai itu bernama Nasi Pedas Oseng Juragan. Salah satu menunya terdapat oseng cumi extra L yang sedang hits di Kota Bandung. 

Berbeda dari olahan cumi pada umumnya, gerai Nasi Pedas Oseng Juragan membuat oseng cumi yang penuh dengan bumbu. Wanginya harum semerbak saat cumi dilakukan proses pengolahan hingga dimasak. Terdapat taburan petai di atas potongan cumi besar sehingga pembeli tak sabar melahapnya.

AYO BACA : Makan Cumi Ekstra Besar Ala Squidmore

Pemilik Nasi Pedas Oseng Juragan, Lily Aprisusanti (29) menjelaskan oseng cumi ini dibuat dari bahan yang tidak biasa Tak hanya bawang putih, bawang merah, dan cabai saja, Lily meracik bumbu supaya kuah oseng cumi dapat meresap hingga ke dalam.

"Namun tetap racikan bercita rasa nusantara dan khas rempah Indonesia," ujarnya, Kamis (31/1/2019).

Lily menggunakan cumi berukuran besar yang diolah dengan cara marinasi. Marinasi adalah nama populer dari cairan berbumbu yang berfungsi sebagai perendam lauk, biasanya digunakan untuk menambahkan rasa dan meningkatkan keempukan daging.

AYO BACA : Ayo Coba Cumi Bakar Miliionare

"Cumi dimarinate dan divakum kemudian difrozen, kami simpan hanya 5 hari. Setelah itu kami tidak menggunakannya lagi," katanya.

Ternyata, proses marinasi itulah yang membuat cumi penuh dengan rasa dan tetap segar. Makanya, tekstur cumi menjadi kenyal dan renyang lantaran diolah dalam waktu marinasi yang pas.

Chef Oseng Cumi Extra L, Riyadi (47) menjelaskan untuk mendapatkan sajian yang sempurna, proses memasak dihitung per detik. Supaya masakan memiliki tekstur yang diinginkan dan terjaga kualitasmya.

"Pemasakan berlangsung 8 sampai 10 menit, dimulai dari masak bumbu sampai penyajian," jelasnya.

Oseng cumi ini memiliki rasa yang pedas dengan kuah gurih merata ke dalam daging. Pencinta kuliner tentu akan ketagihan karena cumi ini tidak alot dan mudah dikunyah.

AYO BACA : Bangkai Terdampar di Pantai Huamual, Cumi Raksasa atau Paus?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar